Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Square (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIID Semester II SMP Negeri 20 Malang

Desis Silviriyanti

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA (fisika) kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh guru dan kadang menggunakan diskusi. Namun diskusi yang digunakan tidak membuat siswa menjadi aktif, karena siswa lebih senang memilih sendiri kelompok diskusinya. Situasi tersebut membuat proses belajar mengajar kurang efektif dan maksimal, sehingga prestasi belajar siswa menjadi kurang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membuat siswa lebih aktif adalah model pembelajaran TPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Bentuk tindakan pada siklus I merupakan perbaikan untuk tindakan pada siklus II. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model pembelajaran TPS. Penerapan pembelajaran ini terlaksana dengan baik. Hal ini dapat ditunjukkan pada tahap berfikir, berpasangan dan berempat di siklus I yang belum terlaksana dengan baik dan lancar menjadi lebih baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada kategori baik dengan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 7% untuk kategori K (Kurang); 54% untuk tingkat C (Cukup) dan 39% pada kategori B (Baik), mengalami peningkatan ke kategori baik ditandai dengan berkurangnya jumlah siswa yang mencapai kategori K dan C, yaitu rata-rata aktivitas siswa pada siklus II sebesar 0% untuk kategori K (Kurang); 46,5% untuk kategori C (Cukup) dan 53,5% pada kategori B (Baik). Prestasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, ditandai oleh peningkatan skor tes tulis rata-rata siswa sebesar 6,95 (9,55%) dan peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 45% dari 40% menjadi 85%.  

Keywords

model TPS, aktivitas belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dasna, I. & Fatchan, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas & Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang PSG Rayon 15.

Djaali. 2004. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Hasibuan. 2003. Kemampuan Dasar Mengajar. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kanginan, Marthen. 2002. IPA Fisika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Kartono, Agus. 2008. Seribupena Fisika SMP Kelas VIII. Bandung: Erlanga.

Khalim, Abdul. 2008. Sains Fisika 2 SMP/MTs. Jakarta: Bumi Aksara.

Khasanah, Uswatun. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 10 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lie, A. 2002. Mempraktekkan Cooperatif Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningrum, S. 2006. Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Leaning) Model Inkuiri dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM pada Materi Hukum Ohm dan Rangkaian Seri Paralel. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prasodjo, Budi. 2006. Teori dan Aplikasi Fisika SMP Kelas VIII. Bogor: Yudistira

Purwanti, Endang. 2009. IPA TERPADU untuk SMP/MTs. Klaten: Intan Pariwara

Rifa’i, Danang. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Susanti, Eka Fetania. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wartono. 2005. Model-model Pembelajaran Di SMP, MTs, SMA, MA. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winkel, S. 1989. Psikologi Pengajaran Cetakan ke 2. Jakarta: PT. Gramedia.

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1353 | Viewed : 299 | Download : 276
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.