PEMANFAATAN CELEMEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Mashuri Mashuri

Abstract

Media merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar, sehingga media merupakan salah satu unsur yang harus dikembangkan guru untuk membantu mempertinggi mutu belajar mengajar. Media pembelajaran sistem pencernaan manusia, selama ini lebih banyak berupa gambar, video flash, power point, dan torso. Kendala yang sering dikeluhkan oleh guru adalah minimnya kemampuan mereka dalam teknologi informasi misalnya penggunaan komputer. Salah satu alternatif dalam pembuatan media belajar, yaitu dengan memanfaatkan barang bekas. Contohnya celemek yang terbuat dari banner bekas menjadi media pembelajaran organ pncernaan manusia yang sederhana, mudah dan murah. Penggunaan media celemek sistem pencernaan makanan, terbukti memberikan efek meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu sebesar 95,45% (21 orang) dari 22 siswa.

Keywords

Celemek, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Danim, Sudarwan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2007. Guru Profesional implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Miarso, Yusufhadi. dkk. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Rahardjo, R. 1986. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Wijaya, Cece. dkk. 1991. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i1.1138 | Viewed : 631 | Download : 2023
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.