Pendidikan Kesehatan Berbasis Multimedia Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Siswa

Nina Nirmaya Mariani, Lisnawati Lisnawati

Abstract


Pendidikan kesehatan reproduksi remaja merupakan salah satu upaya mencegah tindakan penyimpangan perilaku seksual. Rendahnya pengetahuan menjadi satu faktor yang mempengaruhi tingginya kasus perilaku seksual menyimpang. Pendidikan kesehatan dengan menggunakan multimedia akan menjadi alternatif dalam meningkatkan pengetahuan siswa khususnya tentang kesehatan reproduksi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia dalam peningkatan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja siswa kelas XI SMAN 9 Kota Cirebon. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan pretest posttest with control group design. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Besarnya sampel yaitu 30 siswa sebagai kelompok intervensi dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah multimedia berupa video hak cipta BKKBN dan media sederhana (power point), kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired t test untuk melihat perbedaan dalam satu kelompok perlakuan dan independent t-test untuk kelompok perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan di masing-masing kelompok dengan peningkatan lebih tinggi pada kelompok multimedia (p<0,05).. Diharapkan adanya kerjasama lintas sektoral dalam pemberian materi kesehatan reproduksi remaja dengan menggunakan multimedia

Keywords


Kesehatan reproduksi; media sederhana; multimedia; pendidikan kesehatan; pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Arfan Muhammad., W. S. A. & W. B. (2010). Efektivitas Pendidikan kesehatan Melalui Multimedia Materi KRR dan Tatap Muka di Kelas Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Berita Kedokteran Masyarakat, 26(2), 107–114.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (2007). Pusat Penelitian dan pengembangan Kependudukan. Bandung, Jawa Barat.

Kadek. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Remaja tentang Perilaku Seksual Pranikah Pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Manado.

Kusmiran E. (2011). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Mahfiana, D. (n.d.). Remaja dan Kesehatan Reproduksi. Ponorogo: STAIN Pmorogo Press.

Mayer, R. E. (n.d.). Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Computer. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Mitra Citra Remaja (MCR). (2011). Profil Akses Kasus MCR PKBI. Bandung, Jawa Barat.

NN, M. (2014). Hubungan pengetahuan remaja, pendidikan kepala keluarga, struktur keluarga dan pengawasan orang tua dengan perilaku seksual remaja Sekolah Menengah Atas kelas XII di Kota Cirebon. Buletin Media Informasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

Sarwono. (2006). Psikologi Remaja. Psikologi Remaja. https://doi.org/10.1108/09513551011032482.Bastian

Selvi. (2016). Media Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Berbasis Animasi dan Multimedia pada Remaja di Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Yogyakarta.

Setyosari P. (2010). Pemanfaatan Media. Malang.

Wardani. (2013). Hubungan Pengetahuan tentang Seks Pra nikah dan sikap terhadap seks pranikah pada SMAN 1 Godong.

Ybarra, M.L., Emenyonu, N., Nansera, D., Kiwanuka, J. & Bangsberg, D. R. (2007). Health information seeking among Mbararan adolescents: results from The Uganda media and you survey’. Health Educ. Res, 23(2), 249–258.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/cr.v6i3.978

Article metrics

Abstract views : 276 | views : 187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan

Creative Commons License
Care :Jurnal Ilmiah Ilmu kesehatan by https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats