Hubungan Antara Peran Orang Tua, Pengaruh Teman Sebaya, Dan Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Pada Siswa-Siswi Sma Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon Tahun 2017

Nina Nirmaya Mariani, Siti Fatimah Murtadho

Abstract

Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa, sehingga erat kaitannya dengan melakukan hal-hal baru yang ingin diketahuinya seperti mengekspresikan perasaannya dalam bentuk perilaku seksual melalui pacaran. Hasil temuan SKRRI tahun 2012 menunjukkan angka yang cukup tinggi pada remaja yang memiliki pacar pernah melakukan perilaku seksual pra nikah. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku seksual pra nikah diantaranya peran orang tua, pengaruh teman sebaya dan sikap. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan peran orang tua, pengaruh teman sebaya dan sikap terhadap perilaku seksual pra nikah di SMAN 1 Jamblang Kabupaten Cirebon tahun 2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional menggunakan rancangan cross sectional untuk mencari hubungan antara peran orang tua, pengaruh teman sebaya, dan sikap dengan perilaku seksual pra nikah dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa-siswi SMAN 1 Jamblang dengan sampel kelas X dan XI sebanyak 268 sampel diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagian kuesioner. Tahapan dalam analisis statistik yang digunakan adalah univariat dan bivariat.
Adapun hasil penelitian berdasarkan uji chi square terdapat hubungan yang bermakna antara peran orang tua dengan perilaku seksual pra nikah (ρ=0,004), pengaruh teman sebaya dengan perilaku seksual pra nikah (ρ=0,000) dan sikap dengan perilaku seksual pra nikah (ρ=0,003).
Diharapkan adanya kerjasama dengan lintas sektoral dalam memberikan edukasi seputar kesehatan reproduksi khususnya tentang risiko perilaku seksual pra nikah

Keywords

remaja;peran orang tua;pengaruh teman sebaya;sikap;perilaku seksual pra nikah

Full Text:

PDF

References

Agung. (2016). Keperjakaan dan Keperawanan Generasi Milenial. Available: https://goo.gl/gn4wIc [Accessed 05-01-2017].

Agustiani, H. (2009) Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja), Bandung: Refika Aditama.

Asna, K. (2011) Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kesehatan Reproduksi Dengan Perilaku Seksual Pra Nikah Pada Siswa Di Sma Negeri 14 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Azwar, S. (2011) Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Christina, T. 2014. Konsep Teman Sebaya. Available: https://goo.gl/JVAIOy [Accessed 04-01-2017].

Darmasih, R. (2009) Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja SMA Di Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darmayanti, Yuniar Lestari & Ramadani, M. (2011) Peran Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Siswa SLTA Kota Bukittinggi. Kesehatan Masyarakat, 6 (1).

Fridya Mayasari & Hadjam, M. N. R. (2000) Perilaku Seksual Remaja Dalam Berpacaran Ditinjau Dari Harga Diri Berdasarkan Jenis Kelamin. Psikologi, (2) 120-127.

Joko Sapto Pramono, Artike Dewi & Auliatunida, Z. (2010) Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Pada Remaja Di Sma Negeri 8 Samarinda Tahun 2010. Jurnal Husada Mahakam, Vol. III No. 2 45-94.

Nirmajanti, D. (2015) Hubungan Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Pranikah dengan Perilaku Seks Pranikah pada Siswa Kelas X di SMKN 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah.

Notoatmodjo, S. (2003) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

______. (2010) Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nursal, D. G. A. (2008) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Murid Smu Negeri di Kota Padang Tahun 2007. Kesehatan Masyarakat, II (2).

Nuzulia Rahayu, Yusniawarti Yusad & Lubis, R. M. (2013) Pengaruh Kegiatan Penyuluhan Dalampelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Seks Pranikah Di Sman 1 Lubuk Dalam Kabupaten Siak Sri Indrapura Tahun 2013. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Pratiwi, L. (2016) Pengaruh Lingkungan Pergaulan Sekolah dan Dukungan Keluarga Terhadap Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa – Siswi Di Kelas X SMK Budi Tresna Muhammadiyah Kabupaten Cirebon. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Purba, B. 2014. Perilaku Seksual. Available: https://goo.gl/gPOkaN [Accessed 06-01-2017].

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2012) Info Datin: Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta Selatan: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

______. (2014) Estimasi Penduduk Menurut Umur Tunggal dan Jenis Kelamin Menurut Kabupaten/Kota. In: RI, K. K. (ed.). Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Qomarasari, D. (2015) Hubungan Antara Peran Keluarga, Sekolah, Teman Sebaya, Pendapatan Keluarga, Media Informasi Dan Norma Agama Dengan Perilaku Seksual Remaja Sma Di Surakarta. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahardjo, W. 2013. Model Perilaku Seks Berisiko pada Pria. Available: https://goo.gl/9FwVt4 [Accessed 29-03-2017].

Santrock, J. W. (2007) Remaja, Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2007) Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soetjiningsih (2004) Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Putri Murtini Puspita, Muhammad Iksan & Rahma. (2012) Pengetahuan, Sikap, Peran Orang Tua Perilaku Seks Remaja Siswa Smk Negeri 4 Jeneponto. Makassar: UNHAS.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sulistianingsih, A. (2010) Hubungan Lingkungan Pergaulan Dan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Sikap Seks Bebas Pada Remaja. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sulistyaningsih (2012) Metodologi Penelitian Kebidanan: Kuantitatif-Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparmi & Isfandari, S. (2016) Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja Laki-Laki dan Perempuan di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 44 (2) 139-146.

Susila & Suyanto (2014) Metodologi Penelitian Cross Sectional, Klaten: Bossscript.

Syamsulhuda B. Musthofa & Winarti, P. (2010) Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seks Pranikah Mahasiswa Di Pekalongan Tahun 2009-2010. Kesehatan Reproduksi, 1 (1) 33-41.

Wahareni, P. A. (2006) Sikap Remaja Terhadap Perilaku Seks Bebas Ditinjau Dari Tingkat Penalaran Moral Pada Siswa Kelas Dua Sma Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006 (Teori Perkembangan Moral Köhlberg). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wildan. (2012) Pengaruh Pola Asuh Orangtua Dan Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Remaja Tentang Perilaku Seksual Di Sma Negeri 2 Dan Man 2 Medan Tahun 2012. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Yusuf, S. (2005) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.