Pekerjaan,Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Pra Sekolah Tentang Gizi Seimbang

Ronasari Mahaji Putri, Lasri Lasri

Abstract

Usia balita merupakan usia prasekolah yang ditandai dengan tumbuh kembang dan aktifitasnya sangat pesat. Karakteristik di usia ini anak selektif dalam memilih makanan. Pertumbuhan anak beserta perkembangannya sangat ditentukan oleh ibu.Penelitian ini difokuskan untuk mengkaitkan pengetahuan ibu dengan tingkat pendidikan, pekerjaan tentang gizi seimbang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dengan analisa spearman rank.. Keseluruhan orang tua anak yang bersekolah di TK Dharma Wanita Tlogomas Malang menjadi populasi, diambil dengan sampel jenuh. Instrumen digunakan dalam bentuk kuesioner. Sebanyak 66% responden tidak bekerja yakni sebagai ibu rumah tangga, sebanyak 49% ibu yang menjadi responden berpendidikan SMA, dan 65,9% ibu mempunyai pengetahuan gizi seimbang yang baik. Uji statistik disampaikan bahwa pekerjaan dan pengetahuan ibu tidak berhubungan(p value 0,477); tingkat pendidikan berhubungan dengan pengetahuan ibu (p value 0,001). Direkomendasikan kepada para ibu untuk meningkatkan pengetahuan khususnya tentang gizi melalui pendidikan non formal seperti mengikuti pelatihan, seminar terkait gizi guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak maksimal

Keywords

Anak Pra Sekolah;Gizi Seimbang ;pengetahuan

Full Text:

PDF

References

Marmi, (2013). Gizi dalam Keperawatan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Mohammad,Madanijah.(2015). Konsumsi buah dan sayur Usia sekolah dasar di Bogor ISSN 1978-1059 Jurnal Gizi Pangan.10(1): 71-76

Munawaroh,L.(2006).Hubungan antara tingkat Pengetahuan Gizi Ibu, Pola makan Balita dengan Status Gizi Balita di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tahun 2006. UNNES diakses tanggal 19 april 2014.

Mustika.(2015).Pola Asuh Makan Antara Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja Dan faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Usia Sekolah Dasar. e-journal Volume 4.No.1 Tahun 2015.UNESA Universitas Negeri Surabaya

Putri,R.,Neni M.(2016).Peran Pendidikan Kesehatan Dalam meningkatkan Pengetahuan Sayur Anak tentang Pentingnya Sayur. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Belum diterbitkan.

Putri,R.,Susmini.,Hari S.(2016).Gambaran Pengetahuan Sayur Anak Usia 5-12 Tahun di Yayasan Eleos Indonesia Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadewi.Belum diterbitkan.

Salsabila. (2010). Hubungan Pola Pemberian Makanan dengan Pertumbuhan Anak Usia 3 – 5 tahun. Http : // isjd. Pdf. Diakses tanggal 18 april 2014.

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

WHO. (2013). Status gizi anak, (www.gizi.net). Diakses tanggal 17 Desember, 2014

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.