PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU DALAM BERKOMUNIKASI MASALAH SEKSUALITAS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN REMAJA

Rani Widiyanti Surya Atmaja

Abstract

Komunikasi masalah seksualitas antara ibu dengan remaja memberikan pengaruh yang paling penting dan signifikan dalam perkembangan sikap dan perilaku seksual remaja. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa terkait komunikasi antara ibu dan remaja masih kurang, khususnya yang berkaitan dengan masalah seksualitas. Beberapa kendala yang mungkin menyebabkan masalah ini, seperti kurangnya pengetahuan tentang seksualitas dan keterampilan dalam komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mengkomunikasikan masalah seksualitas berdasarkan jenis kelamin remaja. Rancangan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah 92 ibu dari siswa SMP Negeri 1 Mundu yang berusia 14 tahun, diambil secara purposive sampling. Penelitian menggunakan data primer kuesioner pengetahuan tentang masalah seksualitas dan keterampilan komunikasi dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas ibu pada pendidikan dasar sebesar 65,2% dan 76,1% sebagai ibu rumah tangga. Rata-rata berusia 38 tahun dan memiliki 3 orang anak. Rata-rata skor pengetahuan ibu hanya 58-60% dan keterampilan komunikasi hanya 52-65%. Berdasarkan analisis SPSS 17 dengan menggunakan Independent T-test menunjukkan pengetahuan masalah seksualitas ibu tidak ada perbedaan signifikan berdasarkan jenis kelamin remajanya yaitu dengan pvalue=0,421, namun keterampilan ibu dalam mengkomunikasikan masalah seksualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara remaja putri dengan pria yaitu pvalue=0,000. Perbedaan tersebut terdapat pada kemampuan untuk memahami diri sendiri, mengkomunikasikan pikiran dan perasaan dengan jelas dan saling menerima serta memberikan dukungan.

Keywords

ibu, komunikasi, ketrampilan,masalah seksual

Full Text:

PDF

References

Agustina E, Hapsari R.W. (2012). Hubungan Antara Pengetahuan Keluarga tentang Pendidikan Seks dengan Perilaku Keluarga Dalam Pemberian Pendidikan Seks Pada Remaja. J AKP 5:54-60.

Aryani D. (2015). Komunikasi Antar Pribadi Orangtua dan Anak Pada Masa Awal Pubertas tentang Pendidikan Seks di Kelurahan Mogolaing Kota Kotamobagu Barat. Journal Acta Diurna. Diperoleh dari : www.e-jurnal.com/2015/08/komunikasi-antarpribadi-orangtua-danhtml?m=1

Ayalew M, Mengistie B, Semahegn A.(2014). Adolescent - Parent Communication On Sexual And Reproductive Health Issues Among High School Students in Dire Dawa Eastern Ethiopia: A Cross Sectional Study. R H 11(77):18.

Batubara JR. (2010). Adolescent Development (Perkembangan remaja). Sari Pediatri 12 (1):2132.

Ernawati H. (2015). Pemanfaatan orangtua sebagai sumber informasi kesehatan reproduksi remaja di daerah pedesaan. Prosiding Seminar Nasional. Diperoleh dari : http://eprints.umpo.ac.id/1631/

Erni. (2013). Pendidikan Seks pada Remaja. J Health Quality 3(2): 69-140.

Mertia EN, Hidayat T, Yuliadi I. (2011). Hubungan antara pengetahuan seksualitas dan kualitas komunikasi orangtua dan anak dengan perilaku seks bebas pada remaja siswa-siswi MAN Gondangrejo Karanganyar. Wacana J Psyech 128.

Payanti N. (2012). Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Oleh Orangtua dengan Perilaku Seks Pranikah Remaja. J Say 8(1): 4151

Sugiyatno. (2015). Membuka Diri Dalam Interaksi.. http://staff.uny.ac.id.UNY.

Wiendijarti I. (2011). Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak dalam Pendidikan Seksual. J Ilmu Komunikasi 9(3): 274292.

Yulianto. (2010). Gambaran Sikap Siswa SMP Terhadap Perilaku Seksual Pranikah. J Psych 8(2); 46-58

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.