ANALISIS ALASAN MEMILIH BERSALIN DI RUMAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SITOPENG KOTA CIREBON TAHUN 2016

Nurasih Nurasih, Endang Nurrochmi

Abstract

Di Kota Cirebon masih terdapat persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan yang dilakukan di rumah klien, sedangkan kebijakan pemerintah mengharuskan persalinan di fasilitas kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 14 orang ibu bersalin dan 2 orang Bidan. Hasil penelitian didapatkan bahwa usia responden antara 19 – 45 tahun, paritas 1 – 10, pendidikan SD, pekerjaan sebagai IRT, dan dengan persalinan normal. Alasan informan bersalin di rumah karena kenyamanan dan kebiasaan keluarga yang sudah berlangsung, merasa kurang nyaman dan tidak praktis melahirkan di fasilitas kesehatan, jarak tidak menjadi masalah dalam persalinan di fasilitas kesehatan. Persalinan di rumah menurut informan Bidan dirasakan kurang aman, meskipun waktu menolong persalinannya menjadi singkat, banyak hambatan yang ditemui terkait dengan persiapan penolong maupun tempat dan kejadian kegawatdaruratan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Alasan bersalin dirumah yang diketahui oleh Bidan lebih kepada kenyamanan yang dirasakan oleh ibu bersalin. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan bahwa ibu bersalin menyukai persalinan di rumah dengan alasan kepraktisan dan kenyamanan. Masih terdapat pengaruh budaya terhadap keputusan ibu memilih persalinan di rumah. Bidan diharapkan dapat melakukan pemberdayaan pada ibu hamil.

Keywords

Analisis alasan, Persalinan di rumah

Full Text:

PDF

References

Aprillia, Y. (2013). Indahnya Melahirkan dalam Air. (A. Noverina, Ed.) (Edisi I). Jakarta Gramedia Widiasarana Indonesia.

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinkes Kota Cirebon. (2013). Profil Kesehatan. Cirebon.

Nolan, M. (2010). Kelas Bersalin. (T. Perdanawati, Ed.) (Cetakan I). Yogyakarta: Golden Books.

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyawati, E. (2012). Kesehatan Ibu dan Anak (Cetakan I). Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif (Ketujuh). Bandung: Alfabeta.

Wardayani, E. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ibu dalam memilih Persalinan di Rumah oleh Bidan di Wilayah kerja Puskesmas Labuhan Ruku Kabupaten Batubara Tahun 2013. Universitas Sumatera Utara.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.