HUBUNGAN ANTARA BERAT BADAN DENGAN KEJADIAN INFARK MIOKARD AKUT PADA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CORONARY CARE UNIT RSUD Dr. ISKAK KABUPATEN TULUNGAGUNG

Sri Haryuni

Abstract

Jumlah pasien infark miokard akut (IMA) di ruang ICCU RSUD Dr. Iskak Kabupaten Tulungagung menunjukkan adanya peningkatan, yaitu dari 158 pada 2012 tahun 2013 menjadi 164 pada 2013. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara berat badan dengan kejadian IMA pada pasien di ruang ICCU RSUD Dr. Iskak Kota Tulungagung. Rancangan penelitian yaitu analitik korelasi dengan metode cross-sectional. Populasi adalah semua pasien di Ruang ICCU RSUD Dr. Iskak Kabupaten Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling dengan 116 sampel. Analisis data menggunakan uji spearman rank dengan tingkat kemaknaan yang digunakan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai ρ value = 0,003 < α = 0,05, maka H0 ditolak. Ada hubungan antara berat badan dengan kejadian IMA pada pasien di ruang ICCU RSUD Dr. Iskak Kota Tulungagung dengan arah korelasi positif (0,276) yang artinya jika berat badan berlebih semakin banyak maka kejadian IMA akan meningkat. Disarankan bagi pasien dan keluarga untuk pasien IMA sebaiknya mengetahui bahaya kelebihan berat badan dan berkonsultasi dengan petugas gizi tentang diet sehat supaya dapat mempunyai berat badan yang normal. Tenaga kesehatan lebih aktif dalam melakukan proposi kesehatan tentang bahaya obesitas, dan meningkatkan penelitian tentang bahaya obesitas untuk penyakit IMA.

Keywords

berat badan, infark miokard akut

Full Text:

PDF

References

American Heart Association. (2011). Advanced cardiovaskular life support. United States of America

Anggraeni.(2012). Buku pengukuran berat badan. Sumatra Utara

Dahlan, M S. (2013). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Emergency Nurses Association. (2007). Emergency nusing core curiculum. Missouri: Saundeers Elsevier

Guyton, N Hall. (2007). Buku ajar kardiologi kedokteran. Jakarta: EGC

Hanafiah, A. (1996). Buku ajar kardiologi. Jakarta: FK UI

Ifanti. (2012). Penyakit jantung koroner. Jakarta: PERKI

Muttaqin, A. (2009). Asuhan keperawatan klien dengan gangguan sistem kardiovaskuler. Jakarta: Salemba Medika

Ramrakha, P., Hill, J., (2006). Oxford handbook of cardiology: coronary artery disease. 1st ed. USA: Oxford University Press.

Santoso, Anwar et al., (2009). Lipid dan Penyakit Jantung Koroner.Jakarta: Centra Communications

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.