PERSEPSI PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI DESA SAWAH KUWUNG KARANG ANYAR

Endah Sri Wahyuni, Hermawati Hermawati

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan kejadian dengan jumlah penderita semakin meningkat tiap tahunnya. Salah satu faktor pendukung yang dapat menstabilkan gula darah adalah penatalaksanaan DM yang dikenal dengan empat pilar utama meliputi edukasi, diet, latihan jasmani dan pengelolaan farmakologis. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi pemenuhan kebutuhan nutrisi pada penderita Diabetes Mellitus. Metode Penelitian; metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita Diabetes Mellitus di wilayah Suruh Tani. Sampel pada penelitian kualitatif disebut juga partisipan. Penelitian ini menggunakan 8 partisipan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan diet nutrisi pada pasien DM tersebut akan berhasil apabila penderita memiliki kepatuhan yang baik dalam menjalankan diet, untuk itu penderita DM membutuhkan motivasi yang baik. Motivasi akan berkembang dengan baik apabila seorang penderita DM mendapatkan dukungan keluarga dan akses pelayanan kesehatan yang baik. Responden yang memiliki dukungan keluarga yang baik maka memiliki kepatuhan yang baik sedangkan responden yang mendapat dukungan keluarga yang kurang baik maka tidak memiliki kepatuhan.

Keywords

Diabetes Mellitus, Pemenuhan Nutrisi, Persepsi

Full Text:

PDF

References

Beaver, K., Wilson, C., Alam, R., Latif, S., (2011). Patient Access To Healthcare Services And Optimisation Of Self-Management For Ethnic Minority Populations Living With Diabetes : a Systematic review. University of Manchester.UK

Brunner, L.S.,Suddarth, D.S., Smeltzer, S.C., Bare, B.G. (2008). Textbook of medical surgical nursing. 9th edition. Philadelphia: Lippincot.

Butler, H.A., (2007). Motivation: The role in diabetes self-management in olderadults. Diunduh dari http://proquest.umi.com/pqdweb.

Gustina, Suratun, Heryati, (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepatuhan Diet Diabetes Mellitus pada pasien DM. Kemenkes Jakarta III.

Guyton, A & Hall, J.E. (2008). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 11. EGC: Jakarta

Hartono, (2012). Basic Carbohydrat Counting bagi diabetisi RS. Panti Rapih. Yogyakarta.

Lewis L.S, Dirksen R.S, Heitkemper, Bucher, Camera. (2011). Medical Surgical Nursing: Assesment and Management of Clinical Problems, Eight Edition, (6). Elsevier Mosby: USA

PERKENI. (2011). Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. Perkumpulan Endokrinologi Indonesia

Polit & Hungler. (1999). Principles & Methods Nursing Research. Sixth edition Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Smeltzer, Suzzanne C.(2001).Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. .Jakarta: EGC.

Streubert, HJ & Carpenter, DR. (2003). Qualitative Research in Nursing : Advancing the Humanistic Imperative.Third Edition. Philadelphia : Lippincott Williams &Wilkins.

Syamsiah, N. (2011). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Pasien CKD yang Menjalani Hemodialisa di RSPAU Dr. Esnawan Antariksa Halim Perdana Kusuma Jakarta.Tesis. Universitas Indonesia.

Waspadji,S., (2007). Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu, Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Widiyaningsih, Herlena, (2013). Hubungan antara pengetahuan dan sikap penderita DM dengan Kepatuhan Diet DM di RSUD AM. Parikesit Kalimantan Timur.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.