DUKUNGAN KELUARGA BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN INTERAKSI SOSIAL PADA LANSIA

Sisilia Ndore, Sulasmini Sulasmini, Tanto Hariyanto

Abstract


Lansia telah mengalami penurunan kemampuan tubuh dan panca indera, berpengaruh pada aktivitas dan gerak dalam kehidupannya. Penurunan derajat kesehatan dan kesempatan fisik tersebut menyebabkan terjadinya penurunan interaksi sosial pada lansia. Adanya dukungan keluarga sangat dibutuhkan oleh lansia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepuasan interaksi sosial pada lansia di Posyandu Lansia Permadi Kecamatan Lowokwaru Malang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 211 orang dengan sampel 33 orang yang diambil dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dengan analisa data spearman rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar dukungan keluarga dengan kategori baik sebanyak 25 orang ( 78,5%) ; dan sebagian besar kepuasan interaksi sosial dengan kategori tinggi yakni sebanyak 19 orang (57,5%). Hasil analisa data didapatkan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepuasan interaksi sosial pada Lansia di Posyandu Lansia Permadi Kecamatan Lowokwaru Malang.

Keywords


Dukungan Keluarga, Kepuasan Interaksi Sosial Pada Lansia

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J.P. (1999). Kamus Lengkap psikologi (Terjemahan dari Dr. Kartini Kartono), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Friedman, M. M. (2003). Family nursing research theory and practice. 5tahun Ed. Stamford: appieton & lange.

Hidayat, A. A. (2007). Metode Penelitian Keperawan Dan Teknik Analisa Data. Salemba Medika. Jakarta

Hurlock E.B.(1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi 5. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Maryati,Suryawati.(2003). Interaksi sosial: defenisi, bentuk, syrat terjadinya interaksi. (http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/interaksi-sosial-definisi-bentuk-ciri.html diakses 6 Maret 2014)

Setiadi. (2008). Konsep & keperawatan keluarga. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suwignyo, Agus.(2010). Kurikulum dan Politik (Kebijakan) Pendidikan, (dalam Forum Mangunwijaya, Kurikulum yang Mencerdaskan Visi 2030 dan Pendidikan Alternatif). Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/cr.v5i2.554

Article metrics

Abstract views : 414 | views : 1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CARE

Creative Commons License
Care :Jurnal Ilmiah Ilmu kesehatan by https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats