GAMBARAN PASIEN DIABETES MELLITUS DENGAN DISFUNGSI EREKSI

Warsono Warsono, Iman Permana

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) adalah suatu keadaan dimana terdapat kadar gula berlebihan dalam darah yang dapat mengakibatkan komplikasi berupa penyakit-penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskuler dan disfungsi seksual, salah satunya disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi merupakan salah satu komplikasi diabetes mellitus yang seringkali terabaikan. Padahal, disfungsi ereksi pada penderita DM merupakan penanda kondisi kontrol gula darah yang buruk dan juga merupakan penanda adanya gangguan mikrovaskuler. Adanya komplikasi semacam ini disertai manajemen terapi yang ketat menyebabkan tekanan psikologis pada pasien yang mempengaruhi kualitas hidupnya dalam bidang kesehatan. Tujuan literature review ini adalah untuk mereview literature penelitian dengan mengetahui gambaran pasien diabetes mellitus yang mengalami disfungsi ereksi. Dalam literature review ini penulis menggunakan artikel yang bersumber dari elektronik data base seperti proquest dan Google Scholar dengan kata kunci disfungsi ereksi dan diabetes mellitus dalam kurun waktu 2010 sampai 2016. Data yang didapatkan, ditelaah, dibandingkan, disusun secara sistematis dan dibahas. Keempat artikel merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Hasil tinjauan literatur menemukan bahwa empat artikel dari tempat penelitian yang berbeda menggambarkan suatu pasien diabetes mellitus dengan disfungsi ereksi.

Keywords

Disfungsi ereksi, diabetes mellitus

Full Text:

PDF

References

Diabetes UK. (2009). Diabetes almost ruined my marriage. Desember 14, 2015. ttp://www.diabetes.org.uk/Guide-to-diabetes/Living_with_diabetes/Sexand-diabetes/How-it-affects me/Diabetes-almost-ruined-my-marriage.

Hanash. (2008). New frontiers in men‟s sexual health: Understanding erectile dysfunction and the revolutionary new treatments. London: Westport, Connecticut.

McCarthy, B.W., & Metz, M.E. (2008). Men‟s sexual health: Fitness for satisfying sex. New York: Routledge, Taylor & Francis Group.

Muhalla. (2011). Pengalaman Disfungsi Seksual pada Klien Pria Diabetes. FIK Universitas Indonesia: Tesis.

Muhammad, dkk. (2016). Hubungan Disfungsi Ereksi Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 dengan Kualitas Hidup Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsup Sanglah Provinsi Bali. Bali: Jurnal e-Biomedik.

Mutagaywa, R. (2012). Prevalence of Erectile Dysfunction and Associated Risk Factors Among Diabetic Men Attending Diabetes Clinic at Muhimbili National Hospital in Dares-salaam Tanzania. Tanzania. Practice Nursing Journal.

Natasya, dkk. (2013). Hubungan Lamanya Diabetes Mellitus dengan Terjadinya Disfungsi Ereksi. Manado: Jurnal e-Biomedik.

Ni Putu, M. (2014). Hubungan Sindrom Metabolik Dengan Kejadian Disfungsi Ereksi Pada Pasien Pria Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Sanglah Denpasar. Denpasar: Jurnal e-Biomedik

Purnamasari. (2009). Diagnosis dan Klasifikasi Diabetes Melitus: Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: InternaPublishing.

Richie, dkk. (2013). Gambaran Disfungsi Ereksi Dan Hubungan Diabetes Melitus Dan Hipertensi Terhadap Kejadian Disfungsi Ereksi Pada Penderita Stroke Di Poli Neurologi Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.Manado. Jurnal e-Biomedik.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.