KEMAMPUAN PEMBERIAN STIMULASI MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Ema Marlina, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Kemandirian merupakan suatu sikap individu yang diperoleh secara komulatif selama perkembangan. Sehingga anak memerlukan pendampingan dari orang terdekat yaitu orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan kemampuan pemberian stimulasi dengan kemandirian pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang mempunyai anak usia prasekolah dan semua anak usia prasekolah yang berjumlah masing-masing 46 orang, pengambilan sampel penelitian di RW 03 Kelurahan Tlogomas Malang secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan teknik analisis datanya uji korelasi pearson chi-square, dengan α 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa 63 % orang tua mengalami kemampuan pemberian stimulasi baik, sedangkan untuk kemandirian anak sebanyak 58.7% mengalami kemandirian yang baik. Hasil analisa uji Chi-Square, p value 0,000 dan nilai r hitung 53,468. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemberian stimulasi mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan kemandirian anak. Disarankan pada orang tua untuk mempertahankan kemampuan pemberian stimulasi pada anak, atau lebih meningkatkan lagi dengan cara mengikuti pelatihan dan banyak membaca tentang stimulasi perkembangan anak.

Keywords

Kemampuan, Kemandirian, Pemberian Stimulasi

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, K. (2011) Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta: Buku Kesehatan.

Hartono, A. B. (2002). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, A.A.A. (2007). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah edisi pertama. Jakarta: Salemba Medika.

Lie, A & Prasasti, S. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mu’tadin, Z. (2002). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Pada Remaja. http/daffodilmuslimah.multiply.com/jurnal/item/162/kemandirian. Diakses tanggal 8 juni 2013 Jam 06.00.

Notoadjmojo, S. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, A. (2003). Pembangunan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional – Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sujono, R. (2012). Cara Praktis Orang Tua Untuk Memantau Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Triaseka. (2007). Sinusitis. Diakses dari http//www.spunge.org/sinusitis.html. Diakses tanggal 20 mei 2012 jam 19.15.

Zaviera, Ferdinand. (2008). Mengenali dan Memahami Tumbuh Kembang Anak. Jogjakarta: Katahati.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.