TUGAS KELUARGA DALAM PEMELIHARAAN KESEHATAN DENGAN MEKANISME KOPING LANSIA

Agnesia Priska L Kelen, Farida Hallis, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang memiliki pengaruh kuat terhadap perkembangan individu. Adanya dukungan keluarga yang positif, juga akan membantu individu dengan mudah menghadapi setiap problem yang ada, termasuk mekanisme koping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tugas keluarga dalam pemeliharaan kesehatan dengan mekanisme koping lansia di wilayah RT 04 RW 01 Guyangan Tlogomas Malang.Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif model cross sectional study, dengan populasi seluruh lansia dan keluarga lansia berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara simpel random sampling berjumlah 52 keluarga dan lansia serta teknik analisa data spearman rank.Hasil didapatkan sebagian besar 29 (56%) keluarga dapat melaksanakan pemeliharaan terhadap lansia secara baik, sebagian besar 38 (73%) lansia dapat melakukan mekanisme koping secara adaptif dan terdapat hubungan yang signifikan antara tugas keluarga dalam pemeliharaan kesehatan dengan mekanisme koping Lansia. Saran perlu dikaji dengan menambahkan faktor-faktor yang mempengaruhi skor tugas keluarga dengan mekanisme koping

Keywords

Tugas Keluarga, Mekanisme Koping, Lansia

Full Text:

PDF

References

Alimul, A. 2009.Metode Penelitian Kebidanandan Teknik Analisa Data. Salemba Medika. Jakarta

Depkes RI. Effendy. 1998. Keperawatan Kesehatan Masyarakat . Jakarta: EGC

Hurlock. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kuntjoro, Sri. 2002. Masalah Kesehatan Jiwa Lansia. Http: / www. e-psikologi.com / lansia / 020402 htm.4 Januari 2012.Pkl. 18.25 WIB.

Nugroho, W. 1995. Perawatan Lanjut Usia. Jakarta : EGC Nugroho, W. 2000. Keperawatan Gerontik Edisi 2. Jakarta: EGC

Nursasi, Y. 2002. Koping Lansia Terhadap Penurunan Fungsi Gerak. Vol. 6 no 2:60 hlm Desember 2002: Makara Kesehatan.

Rasmun.2001. Keperawatan Kesehatan Mental Psikiatri Terintegrasi Dengan Keluarga. Jakarta: Pt. Raja Interprata.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.