PENGARUH PEMBERIAN AIR BELUNTAS TERHADAP KADAR ASAM URAT PADA WANITA MENOPAUSE

Listika Mei Lina Sari, Agus Setiawan

Abstract

Wanita menopause mengalami penurunan hormon estrogen dan fungsi organ salah satunya ginjal. Ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat dengan baik sehingga terjadi pengendapan asam urat secara menerus didalam tubuh. Kadar asam urat yang tinggi perlu dilakukan pengobatan salah satunya pengobatan non farmakologi dengan menggunakan air beluntas. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian air beluntas terhadap kadar asam urat pada wanita menopause. Rancangan penelitian adalah Quasi eksperiment dengan menggunakan jenis penelitian kuntitatif, populasi yang diteliti semua wanita menopause yang memiliki kadar asam urat > 6,0 mg/dl dan tidak mengonsumsi obat asam urat, besar sampel dalam penelitian sebanyak 32 orang dengan menggunakan rumus Federer. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dengan uji T-test 2 sampel bebas. Hasil analisis uji T-tes menunjukan p value < 0,05 artinya H1 diterima sehingga ada pengaruh pemberian air beluntas terhadap kadar asam urat pada wanita menopause di Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Kediri Kota Kediri. Pemberian air beluntas dapat menurunkan kadar asam urat sehingga disarankan bagi responden dapat menggunakan air beluntas dalam mengatasi keluhan asam urat

Keywords

Wanita menopause, Kadar asam urat, Air beluntas

Full Text:

PDF

References

Aminah, M. S. (2012) Ajaibnya Terapi Herbal Tumpas Penyakit Asam Urat Lebih Aman, Mudah Dan Berkhasiat Dunia Sehat. Jakarta: Niaga Swadaya.

Dalimartha, S. (2006) Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Jakarta: Niaga Swadaya

Dalimartha, S. (2011) Resep Tumbuhan Obat Untuk Asam Urat. Depok: Penebar Swadaya.

Desmiaty, dkk. (2008) Penentu Jumlah Tanin Total Pada Daun Jati Belanda (Guazuma Ulmifolia Lamk) Dan Daun Sambang Darah (Excoecaria Bicolor Hassk) Secara Kolorimetri Dengan Pereaksi Biru Prusia. Surabaya: Universitas Surabaya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.