ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL REKAM MEDIK DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI KANDUNGAN RSIA PURI GALERI BERSALIN KOTA MALANG

Sandu Siyoto, Firstanto Agung Pribadi

Abstract

Standar pelayanan minimal rekam medis dapat mendukung peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit, yaitu dengan melakukan pengisian berkas rekam medis secara cepat dan tepat waktu serta penyediaan rekam medis sesuai dengan respon time yang telah ditetapkan dalam Permenkes 129 tahun 2008. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan implementasi standar pelayanan minimal rekam medik terhadap kepuasan pasien di Poli Kandungan RSIA Puri Galeri Bersalin. Desain penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan crossectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 98 pasien rawat jalan poli kandungan yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden di Poli Kandungan RSIA Puri Galeri Bersalin mendapatkan layanan respon time penyediaan dokumen rekam medik melebihi standar pelayanan minimal 10 menit. Sebagian besar responden mendapatkan layanan respon time kelengkapan/ keterisian dokumen rekam medik melebihi standar pelayanan minimal 24 jam. Sedangkan untuk variabel kepuasan terhadap pelayanan rekam medik sebagian besar pada kategori rendah. Hasil analisa regresi menunjukkan ada pengaruh implementasi standar pelayanan minimal respon time penyediaan dokumen rekam medik dan respon time keterisian dokumen rekam medik terhadap kepuasan pasien.

Keywords

Standar Pelayanan Minimal, Rekam Medik, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References

Abdelhak .2007. Health Information Management of Strategic Resource. USA: W.B. Saunders Company

Hatta, G.R. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI Press.

Huffman, EK. 1994. Health Information Management. Illinois: Phisicians Record Company.

Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 129/Menkes/SK/III/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran.Edisi 12.Jilid1. Jakarta: Erlangga

Rustiyanto, E.2009. Etika Profesi Perekam Medis & Informasi Kesehatan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Sarbaguna, Boy. 2008. Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Undang-undang RI. 2009. Undang-undang RI No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Undang-undang RI.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.