KARAKTERISTIK ORANG TUA DAN PERKEMBANGAN BALITA USIA 12-59 BULAN

Fitria Sunanti, Nurasih Nurasih

Abstract

Anak balita merupakan kelompok tersendiri yang dalam perkembangan dan pertumbuhannya memerlukan perhatian yang lebih khusus. Apabila perkembangan dan pertumbuhan pada masa balita ini mengalami gangguan, hal ini akan berakibat terganggunya persiapan terhadap pembentukan anak yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan anatara karakteristik orang tua dengan perkembangan balita.Penelitian ini merupakan penelitian analitik, dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 78 orang ibu dan balita usia 12-59 bulan di Desa Karayunan dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Analisa data meliputi univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas orang tua berpendidikan rendah SD-SMP, tidak bekerja, pendapatan rendah < Rp850.000,00 dan pola pengasuhan banyak dilakukan oleh orang tua. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan antara pendidikan, pendapatan orang tua dengan perkembangan balita dan tidak terdapat hubungan antara pekerjaan, pola pengasuhan dengan perkembangan balita.Diharapkan puskesmas lebih meningkatkan kegiatan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang balita.

Keywords

Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Pola Pengasuhan

Full Text:

PDF

References

Abu Bakar, B. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Studio Press. Achmad, Ikah Fadhilah, Latifah, Lutfatul, Husadayanti, D. N. (2010). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Emotional Quotient (EQ) pada Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun) di TK Islam Al-Fattah Sumampir Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirmian, 5(1), 47–57. Agrina, Sahar, J. (2012). Karakteristik orangtua dan lingkungan rumah mempengaruhi perkembangan balita. Alimul Hidayat, A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika. Bahiyatun. (2011). Psikologi Ibu dan Anak. Jakarta: EGC. BKKBN. (2004). Siapa Peduli Terhadap Remaja. Jakarta. BKKBN. (2012). Profil Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2011. Jakarta. Chika. (2011). Pembentukan Karakter Melalui Keluarga. Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Kusuma, R. (2012). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Anak dan Perkembangan Motorik Halus balita di Wilayah Kerja Puskesmas Penumping Surakarta. Surakarta. Lubis, C. (2004). Usaha Pelayanan Kesehatan Anak dalam Membina Keluarga Sejahtera. Medan. Nurhaeni, N., Sutadi, H., Rustina, Y., Supriyatno, B. (2011). Pemberdayaan Keluarga Pada Anak Balita Penumonia di Rumah Sakit: Persepsi Perawat dan Keluarga. Makara Kesehatan, 15(2), 58–64. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Wahid, M. (2006). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC. Yulita, R. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Balita di Posyandu Sakura Ciputat Timur.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.