KETERKAITAN KEKURANGAN ENERGI PROTEIN (KEP) DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA USIA (1-5 TAHUN)

Nurwijayanti Nurwijayanti

Abstract

Malnutrisi dan infeksi saling berinteraksi (timbal balik). Malnutrisi menyebabkan rentannya penderita terhadap infeksi seperti Infeksi Saluran Nafas dan ISPA akan memperburuk keadaan malnutrisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kurang Energi Protein (KEP) dengan kejadian ISPA pada balita usia 1-5 tahun di Puskesmas Blabak Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.Desain penelitian ini menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional dengan metode sampling accidental sampling. Sampel diambil sebanyak 33 balita KEP pada balita usia 1-5 tahun Puskesmas Blabak kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi-Square. Hasil penelitian diketahui sebanyak 19 balita (81%) balita menderita KEP sedang ; sebanyak 20% balita KEP mengalami ISPA ; serta balita yang KEP sedang menyebabkan terjadinya ISPA sebesar 76%.Hasil uji statistik disimpulkan ada hubungan antara KEP dengan kejadian ISPA pada balita usia 1-5 tahun. Direkomendasikan para ibu lebih memperhatikan pertumbuhan anaknya dengan cara memberikan asupan nutrisi yang adekuat sehingga balita tidak rentan terhadap penyakit infeksi.

Keywords

Balita, Kurang Energi Protein, Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Full Text:

PDF

References

Depkes. RI. (2000). Pedoman Talalaksana Kurang Energi Protein pada Anak di Puskesmas dan di Rumah Tangga. Jakarta : Depkes RI.

Depkes. RI. (2001). Pedoman Promosi Penanggulangan Pneumonia Balita. Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta : Depkes RI.

R.I., Depkes. (2005). Pencegahan dan Penanggulangan ISPA dari Segi Lingkungan. Jakarta : Departemen kesehatan. Ranuh IGN. (1997). Masalah ISPA dan Kelangsungan Hidup Anak. Surabaya: Continuing Education Ilmu Kesehatan Anak.

Sediaotama, A. D. (2006).Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa & Pofesi Jilid II. Jakarta. Dian Rakyat.

Tombili, Arpan.(2006). Studi Korelasi PHBS Tatanan Rumah Tangga dengan ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Wawatobi Kabupaten Konawe Tahun 2006. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat STIK Avicenna. Sulawesi Tenggara.

WHO.(2005).Checklist For Influenza Pandemic Preparedness Planning. (Accessed 25 May 2007, at http://whqlibdoc.who. int/hq/ 2005/WHO_CDS_CSR_GIP_2005.4.pdf)

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.