HUBUNGAN SENAM HAMIL, DUKUNGAN SUAMI DAN DUKUNGAN BIDAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU MENJELANG PERSALINAN DI BPS NY. HJ. M. INDRIYATI

Vivin Yuni Astutik, Titin Sutriyani

Abstract

Persalinan merupakan kejadian fisiologi yang normal. Perasaan positif dan partisipasi aktif ibu bersalin membuat kondisi kejiwaan ibu lebih tenang yang sangat mendukung kelancaran persalinan dan tidak menyebabkan stres pada bayi. Hal ini dapat difasilitasi melalui dukungan dari suami dan bidan yang membantu saat proses persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan senam hamil, dukungan suami dan dukungan bidan dengan tingkat kecemasan ibu menjelang persalinan di BPS Ny. Hj. M. Indriyati Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel dependent dengan variabel independent (Notoatmojo, 2012). Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin yang berada di BPS Ny. Hj. M. Indriyati Malang dengan sampel sejumlah 36 orang diambil dengan teknik sampel purposive sampling.Instrumen dengan menggunakan kuesioner,lembar observasi, dan lembar wawancara.Analisa data menggunakan persamaan regresi linier berganda.Untuk menguji pengaruh variabel bebas dan terikat secara bersama-sama digunakan pendekatan analisis ragam regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara senam hamil dengan tingkat kecemasan ; ada hubungan dukungan suami dengan tingkat kecemasan, ada hubungan dukungan bidan dengan tingkat kecemasan; variabel dukungan suami mempunyai hubungan yang lebih dominan terhadap tingkat kecemasan Direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian tentang cara mengatasi tingkat kecemasan menghadapi persalinan pada ibu hamil, dengan tehnik relaksasi.

Keywords

Dukungan suami,dukungan bidan, senam hamil, tingkat kecemasan

Full Text:

PDF

References

Council, National Safety. (2004). Manajemen Stres. Jakarta, EGC.

Depkes RI. (2014). Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar. Jakarta, Depkes RI.

Domin, D. S. (2001). A Review of Laboratory Instruction Styles. Journal Chemical Education, 76:543.

Dougall, J. M. (2003). Kehamilan Minggu demi Minggu. Surabaya, Erlangga.

Kushartanti. (2004). Senam Hamil, Menyamankan Kehamilan dan Mempermudah Persalinan. Yogyakarta, Lingtang Pustaka.

Manuaba, IBG. (2010). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB untuk pendidikan Bidan. Jakarta, EGC.

Mochtar, R. (2008). Sinopsis Obstetri: Obstetri fisiologi, Obstetri patologi. Jakarta, EGC.

Musbikin, I. (2008). Panduan Bagi Ibu Hamil dan Melahirkan. Yogyakarta, Mitra Pustaka.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta.

Prawirohardjo, S. (2008). Ilmu Kebidanan. Jakarta, YBP-SP.

Rose, W. (2007). Panduan Lengkap Perawatan Kehamilan. Jakarta, Dian Rakyat.

Sinsin, I. (2008). Masa Kehamilan dan Persalinan. Jakarta, Elex Media Komputindo.

Susanti, N. (2008). Psikologi Kehamilan. Jakarta, EGC.

Taufik. (2010). Psikologi untuk Kebidanan. Surakarta, Eastview.

Tursilowati, S.Y., dan Sulistyorini, E. (2007). Pengaruh peran serta suami terhadap tingkat kecemasan Ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan di Desa Jepat Lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Jurnal Kesehatan Surya Medika Yogyakarta, Hal 1-17.

Yanti. (2010). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan. Yogyakarta, Pustaka Rihama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.