PEMBERIAN PEPTIDA POLISAKARIDA (PSP) SUATU SENYAWA AKTIF DARI GANODERMA LUCIDUM (Β-D-GLUCAN) BERPENGARUH TERHADAP DISLIPIDEMIA DAN INFLAMASI PADA PASIEN RESIKO TINGGI PENYAKIT JANTUNG KORONER

Ahmad Farikh

Abstract

Penyakit Jantung Koroner atau Cardiovascular Disease (CVD) mempunyai angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi dan penyebabnya adalah aterosklerosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian peptida polisakarida (PSP) suatu senyawa aktif dari Ganoderma Lucidum (β-D-Glucan) terhadap dislipidemia dan inflamasi pada pasien resiko tinggi penyakit jantung koroner. Penelitian ini merupakan penelitian experiment pada manusia sebanyak 60 orang, terdiri dari 6 kelompok yang masing-masing berjumlah 10 orang yang diberikan terapi herbal (PSP) selama 3 bulan (90 hari) dan diambil sampel darah sebelum dan sesudah minum obat. Kemudian dibandingkan hasil laboratorium Lipid Profile (HDL, LDL, TG) dan Marker Inflamasi (IL-6 dan TNF-α) untuk membuktikan kadar HDL, LDL, TG menjadi Normal,dan IL6, dan TNF-α menjadi normal sehingga pasien dengan APS dan HR tidak terjadi serangan jantung.Analisis dengan menggunakan data selisih perubahan saat sebelum terapi dan sesudah terapi menggunakan ANOVA faktorial, uji beda nyata jujur dari Tukey. Hasil penelitian menunjukkan adanya selisih dengan nilai rata-rata negatif menunjukan perubahan pada variabel HDL dengan hasil yang tidak signifikan ; tidak ada perbedaan pada marker inflamasi TNF-α kelompok APS p Value 0,358 dan RT p Value 0,667 dan IL-6 kelompok APS dan RT menunjukkan perubahan negative. Perlakuan yang telah dilakukan menunjukkan dan membuktikan pada kelompok APS dan RT secara keseluruhan tidak berpengaruh signifikan (p>0,05) karena pertimbangan faktor utama kondisi yang tidak sama dan obat serta interaksi kedua faktor dan dengan tambahan obat cholesterol tidak memberikan dampak signifikan Sehingga pemberian PSP bisa di gunakan sebagai obat alternative dan memberikan kesempatan untuk penelitan selanjutnya untuk melanjutkan penelitian ini.

Keywords

Angina pektoris stabil (APS), High Risk (HR), LDL , HDL, (TG) IL6, TNFα

Full Text:

PDF

References

Allison MA, Criqui MH, McClelland RL, Scott JM, McDermott MM dkk.(2006).The effect of novel cardiovascular risk factors on the etnic –specific odds for peripheral arterial disease in the MESA.J Am Coll Cardiol: 48:1190-7.

Guyton, AC.(2012).Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 11 Cetakan 2012. Jakarta : EGC.

Johnson, R. A. dan Wichern, D. W. (2002). Applied Multivariate Statistical Analysis Third Edition. New Jersey: Prentice Hall

WHO. (2013). About Cardiovascular Diseases. World Health Organization. Geneva. Cited July 15th 2014. Available from URL : http://www.who.int/cardiovascular_diseases/about_cvd/en/ accessed on.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.