Pengetahuan dengan Sikap Ibu tentang Kejadian Kejang Demam Pada Anak Di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan Malang

Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas, Neni Maemunah, Susmini Susmini

Abstract

Demam yang mengakibatkan kejang  pada anak dimana keadaan ini merupakan  gangguan neurologik pada anak yang berusia 6 bulan - 5 tahun. Ibu memerlukan pengetahuan lebih tentang kejang demam pada anak karena dapat membantu anak mengatasi masalah penyakitnya, hal ini adalah peran penting yang harus ada pada seorang ibu. Ibu juga harus menjadi siaga ketika anak mengalami kejang demam. Tujuan penelitian yaitu melihat hubungan Pengetahuan dengan Sikap Ibu dengan Kejadian Kejang Demam Pada Anak Di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan. Desain pada penelitian yaitu observasi analitik dengan cross sectional. Instrumen adalah kuesioner telah dimodifikasi. Teknik sampling yaitu simple random sampling, populasi sejumlah 60 responden dan sampel sebanyak 50 responden. Hasil analisis data yaitu uji spearman-rank dan ada hubungan  pengetahuan dengan sikap ibu tentang kejadian kejang demam pada anak di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan dengan nilai p = 0,014 (p<0,05) dan r = 0,345. Penelitian ini menjadi sumber informasi dalam melakukan penelitian selanjutnya dan menjadi pedoman pembelajaran serta menambah wawasan dan informasi mengenai pengetahuan dan sikap ibu tentang kejang demam.

Keywords

Kejang; Pengetahuan; Sikap

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. (2009). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Asiyah, M, D. (2009). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Ibu Rumah Tangga Di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh.

Bawele, Selleya, C., Sinolungan, J,S,V., & Hamel, Rivelino. (2013). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Dengan Pelaksanaan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Di Ruang Rawat Inap Rsud Liun Kendage Tahuna. Ejournal Keperawatan. Vol.1 (1).

Benyamini, Y., Gozlan, M., & Kokia, E. (2009). Women’s and men’s perceptions of infertility and their associations with psyhological adjustment: A dyadic approach. British Journal of Health Psyhology, 14,16-1.

Depkes RI, (2017). Profil kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI

Fauzia, Nur Afida. (2012). Pengetahuan Sikap dan Perilaku Ibu Mengenai Kejang Demam Pada Anak di Puskesmas Ciputat Timur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hasan & Alatas. (2002). Buku Kuliah 2 Ilmu Kesehatan Anak, cetakan kesepuluh. Jakarta : Bagian Ilmu Kesehatan anak universitas Indonesia.

Indiantoro. (2009). Pengetahuan Masyarakat terhadap Mitigasi Bencana Kekeringan di Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Universita Gadjah Mada Yogyakarta; 2009.

Inayatullah, I. (2013). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Asuhan Keperawatan Dengan Pedoman Nanda Nic Dan Noc Di Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang. Jurnal Keperawatan. http://keperawatan.unsoed.ac.id/content/hubungan tingkat-pendidikan-dengan-tingkat-pengetahuan perawat-tentang-asuhan-keperawatan.

Kastiano. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap orang tua dalam penatalaksanaan demam kejang pada anak di rumah sakit cito karawang.

Leung AK, Hon KL, Leung TN. (2018). Febrile seizures: an overview. Drugs Context.;7.

Lubis, I, N. (2011). Penanganan demam pada Anak. Diakses tanggal 22 September 2018 dari Jurnal Keperawatan. Vol 12, No 6. https://www.researchgate.net/publication/312175747_Penanganan_Demam_pada_Anak.

Maryati, D. & Septikasari, M. (2009). Kesehatan reproduksi teori dan praktikum. Yogyakarta: Nuha Medika

Moenir, H.A.S. (2000). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta

Moore Z. and Patricia P. (2004). Nurses Attitude Behaviour and Perceived Barriers Towards Pressure Ulcers Prevention. Available from www.Blackwellsvnergi.com/doi/abs/10.111/i.

Muis, H. (2015). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan tindakan penanganan demam pada anak di Wilayah Kerja Puskesmas Seruni.

Mukhlis, Kristiani. (2006). Hubungan Faktor Individu Dengan Kinerja Petugas Vaksinasi Kabupaten Aceh Timur. www.Jurnal Kinerja Perawat.

Normadewi, B. (2012). Analisis pengaruh jenis kelamin dan tingkat pendidikan seseorang. Universitas Diponegoro Semarang.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Notoatmodjo,S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan . Pt Rineka Citra.Jakarta

Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam. (2012). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Pangesti, A. (2012). Gambaran tingkat pengetahuan dan aplikasi kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Universitas Indonesia

Papilaya. E, (2016). Gambaran Perilaku Ibu Tentang Manajemen Penanganan Demam Pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Penarik Kabupaten Mukomuko Bengkulu Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas

Putra, H. R., Mulyadi., Ismanto, A. Y. (2014). Hubungan pengetahuan perawat tentang kejang demam dengan penanganan kejang demam pada anak di instalasi gawat rawat darurat anak (IRDA) dan ruang perawatan intensif (RPI) irina E RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou manado.

Rinanda T. (2015). Hubungan Kadar Hemoglobin dengan Kejang Demam pada Anak Usia Balita. Sari Pediatr.;16(5):351–5.

Riyadi & Sukarmin. (2009). Asuhan keperawatan pada anak. Edisi pertama. Yogyakarta : Graha ilmu.

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Wahid (2019). Keperawatan Medical Medical Bedah Asuhan Keperawatan Pada Gangguan Sistem Respirasi. Jakarta: CV. Trans Info Media

Widiastuti. (2007). Ilmu kesehatan perilaku. Jakarta: Salemba Medika

Wong, Donna L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume I. Alih bahasa Agus Sutarna dkk. Jakarta : EGC

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.