ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andiarna, F., Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16 (2), 139-149
Andriani, R., & Rasto, R (2019)Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (!0,80.http://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Angelica, H., & Tambunan, E. H. (2021). stres dan koping mahasiswa keperawatan selama pembelajaran daring di masa pandemik covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 28-34. https://doi.org/10.2411/jikeperawatan.v7i1.508
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. Diakses di https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2. 43008.
Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring Di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. 20 Maret 2020. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembelajaran-daring-ditengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-beleum-maksimal
Barseli, M., Ahmad, R.M., Ifdil, I. (2020).Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar.Jurnal EDUCATIO, 4(1),40-47. Diakses dihttp://jurnal.iicet.org/
BPS (Badan Pusat Statistik). (2019). Presentase rumah tangga yang memiliki telepon selular aktif 2012- 2016. https://bps.go.id. diakses pada 16 Mei 2020
Chang, N. C., and Chen, H. H., 2015, “A motivational analysis of the ARCS model for information literacy courses in a blended learning environment”, Libri, 65(2), 129-142.
Charismiadji, Indra. (2020). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. Diunduh dari https://news.detik.com/kolom/d4960969/mengelola-pembelajarandaring-yang-efektif.
Dwiyanti, N., & Ediati, A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Empati, 7(2), 259–265)
Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.
Handarini, OI.2019. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503.
Hasanah,U., Ludiana , Immawati, Livana PH.(2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 8 No 3, Agustus 2020. FIKes Universitas Muhammadiyah Semarang bekerjasama dengan PPNI Jawa Tengah
Iskandar, Masthura, S., & Oktabiyana, C. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan,4(2), 323–332.
Kurniawan, C. A. (2016). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(5), 344–354.
Kusuma, T. A., Tjalla, A., & Setyowati, E. (2015). Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–6
Livana,P.H., Mubin, M.F.,& Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208. Diakses di https://journal.ppnijateng.org/index.php/ jikj/article/download/590/329.
Malwa, R. U. (2017). Dukungan Sosial Orang tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz AlQur’an. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137 . https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758
Muiz, M.H., Sumarni, N., Mansyur, A.S.,Zaqiah, Q,Y. (2020). Pengaruh teknologi pembelajaran kuliah online di era Covid-19 dan dampaknya terhadap mentalmahasiswa.Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). Diakses dari https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987.
Nakayama M, Yumamoto H, S.R. (2007), The infactor Learning Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses Among Japanese Student.Elektronic journal E-learning, Vol.5 (3).I.
Purwanto, A., Pramono,R., Asbari, M. Santoso, P.B., Wijayanti, L., M.Choi, C.H., & Putri, R.S. (2020) Studi Eksplolratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns:Journal of Education, Pschology and Counseling, 2(1), 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Nuraeni, Y., & Supratiningsih, E. (2014). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa akhwat kelas VIII di MTs Misbahunnur Kota Cimahi. Prosiding Psikologi Unisba, 1(2), 144–150.
Prasetyo, K. B., & Rahmasari, D. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.36805/psikologi.v1i1.688
Renninger, K. A., Hidi, S., & Krapp, A.(2014). The Role of Interest in Learning and Development. London: Psychology Press.
Sani,DN., Fandizal,M., Astuti, Y. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan .Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia Vol.4 No.2, September 2020
Wahab, Rohmalina.( 2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahyu,A.dkk(2021). https://aisyah.journalpress.id/index.php/jika/article/downloadSuppFile/5225/106
Wang, Z., & Adesope, O.(2016). Exploring the Effects of Seductive Details with The 4- Phasemodel of Interest. Learning and Motivation , 55, 65-77.
Yuliya. (2019). Hubungan Antara Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Remaja Di SMP Negeri 9 Filial Loa Kulu. Jurnal Psikoborneo, 7(2), 291–300.
Rolland E. Smith, Irwin G. Sarason, Barbara R. Sarason, (1982), Psychology the Frontiers of Behavior, (New York: Harper & Row Publishes, 1982), 324.
Goerge Terry and Stephen Fraklin. 1987. Prinsiples of Management, (Illinois: Richrad D. Irwin, 1987), h. 298.
Tahmidatien, L., Krismanto, W. (2019). Menumbuhkan Motivasi Belajar Dari Aspek Value, Expectancy dan Self Regulated Learning. Jurnal Publikasi Pendidikan http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend Volume 9 Nomor 1, Februari 2019.
Zapalska, A., & Brozik, D. 2006. Learning Styles and Online Education. Campus-Wibe Information Systems.
Refbacks
- There are currently no refbacks.