Self-Efficacy Pada Ibu Hamil Dengan Tingkat Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Ruteng

Eufrasia Prinata Padeng, Putriatri Krimasusini Senudin, Dionesia Octaviani Laput, Reineldis Elsidianastika Trisnawati

Abstract

Kecemasan yang dialami ibu hamil disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini akan berdampak pada kesehatan ibu dan janin. Efek yang akan terjadi pada ibu hamil yang mengalami kecemasan selama masa kehamilan akan terjadi prematur dan depresi pasca persalinan. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh kecemasan saat kehamilan dan juga mengatasi dampak yang terjadi akibat kecemasan baik bagi janin maupun bagi ibu. Dalam Penelitian ini penulis  menggunakan rancangan penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian survey analitik pendekatan  cross sectional. Populasinya adalah seluruh ibu hamil sejumlah 52 orang. sampel dalam penelitian dimaksud adalah sebesar 30 orang dan teknik pengambilan samplingnya Purposive Sampling. Uji Statistik yang digunakan adalah Chi Square.Pada penelitian ini instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner data Demografi, kuesioner General Self Efficacy dan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa selama masa pandemi COVID-19 sebagian besar ibu hamil mengalami kecemasan Berat dan self efficacy tingkat  sedang  yaitu sebesar 11 orang (55%). Terdapat pengaruh self efficacy yang sedang terhadap kecemasan ibu hamil selama masa pandemi COVID 19 dengan nilai p valuenya adalah  < 0.05. Semakin kurangnya percaya diri dari ibu hamil maka kecemasan juga akan selalu dialaminya selama masa pandemi. Kecemasan yang terjadi bisa menyebabkan kondisi ibu maupun janin menurun.. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggali lebih dalam lagi terkait pencegahan kecemasan dalam kehamilan serta ditambahkan variabel penelitian.

Keywords

Kecemasan; kehamilan; self efficacy

Full Text:

PDF

References

Departemen Kesehatan. 2018. “Profil Kesehatan Indonesia.” Jakarta.

Enny Fitriahadi, S.ST., M.Kes. 2017. Buku Ajar Asuhan Kehamilan Disertai Daftar Tilik. 1 ed. Yogyakarta: Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Gugus Tugas RI. 2020. “Data COVID-19.” Jakarta. berandacovid19.go.id.https://covid19.go.id.

Hikmah, Nurul, Naimah Naimah, dan Ita Yuliani. 2019. “Self Efficacy Ibu Hamil Trimester III.” Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia 5, no. 2: 123–32.

Ifa Nurhasanah. 2020. “Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Ibu Hamil Saat Pandemi COVID-19 : Literartur Review.” Jurnal Bidan Komunitas 4, no. 1: 25–30.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. “Profil Kesehatan Indonesia 2019.” Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia.

Wulan Puspa Gary, Yomita Hijriyati, Zakiyah. 2020. “Hubungan Karakteristik Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menjelnag Persalinan Spontan Di Puskesmas Kecamatan Makasar Jakarta Timur” 3, no. 1: 68–76.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item Supplementary files - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.