KUALITAS PELAYANAN KEHAMILAN BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (BPJS-KES)

Artika Dewie, Sri Yanti Kusika

Abstract

ABSTRACT

 

One of the popular service quality concepts is ServQual, where there are five dimensions, namely tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy. One of the efforts to improve the quality of public services, a Community Satisfaction Index is compiled as a benchmark to assess the level of service quality. This study aims to examine the relationship between the quality of pregnancy services and the satisfaction of users of the Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kes). The research design used analytic observational with a sample of 60 pregnant women from five health centers in Palu City who visited the Maternal and Child Health (KIA) room and have the inclusion criteria. The results of statistical analysis using fisher exact with p value = 0,025 (<0,05), which means that there is a significant relationship between the quality of pregnancy services and the BPJS-Kes user satisfaction. This research can be one of the considerations for determining further policies to improve public services and further research to examine other factors that affect user satisfaction of BPJS-Kes.

 

ABSTRAK

 

Salah satu konsep kualitas pelayanan yang populer adalah ServQual, dimana terdapat lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, Assurance, Empathy. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka disusunlah Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Hubungan Kualitas Pelayanan Kehamilan Dengan Kepuasan Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kes). Rancangan penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan sampel berjumlah 60 orang  ibu hamil dari lima puskesmas di Kota Palu yang berkunjung ke ruang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan memenuhi kriteria inklusi. Hasil Analisa uji statistik menggunakan fisher exact dengan nilai p = 0,025 (< 0,05), yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara Kualitas Pelayanan Kehamilan dengan Kepuasan Pengguna BPJS-Kes. Penelitian ini dapat menjadi salah satu pertimbangan penetapan kebijakan lanjutan untuk meningkatkan pelayanan publik dan penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pengguna BPJS-Kes.

Keywords

Quality of service, Community Satisfaction Index, BPJS-Kes

Full Text:

PDF

References

Abidin, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI, 12(2), 70–75.

Andrianti, S. (2017). Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Loyalitas Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu. Jurnal Sains Kesehatan, 24(2), 86–92.

Azanella, L. A. (2018). Pelayanan Dikeluhkan, BPJS Kesehatan Sebut Bagian dari Proses Perbaikan. In Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2018/09/08/16413851/pelayanan-dikeluhkan-bpjs-kesehatan-sebut-bagian-dari-proses-perbaikan?page=all

Badan Pusat Statistik. (2014). Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). https://media.neliti.com/media/publications/48852-ID-kajian-indikator-sustainable-development-goals.pdf

BPJS, K. (2019). Peserta Program JKN. BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/home

Dewi, R. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Daya Saing : Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 146–156. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah. (2018). Profil kesehatan Provinsi Sulawesi tengah Tahun 2018 (pp. 1–310).

Humas BPJS Kesehatan. (2020). Peserta. BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/11

Jannah Lingga. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan. Wawasan Kesehatan : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. (2004). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : Kep/25/M.Pan/2/2004. https://www.atrbpn.go.id/Publikasi/Peraturan-Perundangan/Peraturan-Lain/keputusan-menteri-pendayagunaan-aparatur-negara-nomor-kep25mpan22004-609

Kesehatan, K. (2016). Permenkes No. 43 Tahun 2016.

Safrudin, Ngisom, & Yuwono, T. A. (2012). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 8(2), 42–47.

Sany, A. A. I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya Tahun 2016. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(1), 935–946. https://doi.org/10.30996/jpap.v4i1.1276

Sekretariat Jendral Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Profile Kesehatan Indonesia Tahun 2017. In Ministry of Health Indonesia. https://doi.org/10.1002/qj

Siswati, S. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Jurnal MKMI, 174–183. http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/531/978

Theresia, I., Desi, T., Permana, & Ibna, L. (2020). Analisa Kepuasan Dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pembantu Parapak Kabupaten Barito Selatan Tahun 2019. Jurnal Keperawatan Suaka Insan, 5(1), 133–142. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Barito_Selatan

Trisnaeni, F., Mahyudin, & Muslihudin. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Selama Berkunjung Di Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun 2014. In Jurnal ProNers (Vol. 3, Issue 1).

Yoanda, E., Lanin, D., & Adnan, M. F. (2019). Kualitas Pelayanan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Mayjen HA. Thalib Kerinci. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), 344–350. https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/60/54

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.