Pengaruh Aplikasi Paediatric Triage Metode Jumpstart Terhadap Kesiapan Penanganan Awal Kegawatdaruratan Pada Anak Di Sdn Purwosari I Kabupaten Pasuruan

Ani Sutriningsih, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Kasus kegawatdaruratan yang sering terjadi pada anak di sekolah antara lain pingsan, tersedak, demam, epistaksis, luka robek, dan muntah. Kejadian kegawatdaruratan di sekolah dapat terjadi sewaktu-waktu sehingga perlu adanya kesiapan guru dan karyawan di sekolah dalam penanganan awal kegawatdaruratan sebelum anak dibawa ke fasilitas kesehatan. Metode penilaian kegawatan (triage) pada anak salah satunya adalah metode JumpSTART. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Paediatric Triage metode JumpSTART terhadap kesiapan penanganan awal kegawatdaruratan pada anak di SDN Purwosari I Kabupaten Pasuruan. Penelitian mengggunakan desain penelitian eksperimentaldengan pendekatan the pretest and posttest one group design dimana pengukuran kesiapan penanganan awal kegawatdaruratan dilakukan di awal dan di akhir atau setelah pemberian perlakuan. Populasi meliputi seluruh guru dan karyawan yang bekerja di SDN Purwosari I Kabupaten Pasuruan sebanyak 21 orang dan teknik sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 16 orang sesuai dengan kriteria inklusi.Instrumen yang digunakan untuk mengukur variable kesiapan menggunakan kuesioner dan lembar observasi yang disusun peneliti berdasarkan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menggunakan Uji Marginal Homogenity untuk mengetahui pengaruh aplikasi Paediatric Triage metode JumpSTART terhadap kesiapan penanganan awal kegawatdaruratan pada anak menggunakan diperoleh p value sebesar 0.001 <(α0.05). Diharapkan peneliti selanjutnya meneliti faktor yang mempengaruhi kesiapan penanganan awal kegawatdaruratan pada anak.

Keywords

triage; JumpSTART; anak; kegawatdaruratan

Full Text:

PDF

References

Austin, E. N., Bastepe-Gray, S.E., Nelson, H. W., Breitenbach, J., Ogle, K. T., Durry, A., Green, S. D., Crabtree, L. A. and Haluska, M. (2014). Pediatric Mass-Casualty Education : Experiential Learning Through University-Sponsored Disaster Simulation. Journal of Emergency Nursing, 40(5), 428-433. doi: https://doi.org/10.1016/j.jen.2014.05.015.

Lossius, H. M., Rehn, M., Tjosevik, K. E., & Eken, T.(2011). Calculating trauma triage precision: effects of different definitions of major trauma. Journal of Trauma Management & Outcomes, 6(9). http://www.traumamanagement.org/content/6/1/9.

Murtaqib, & Widayati, N. (2017). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir pada Siswa di Pondok Pesantren Al Hasan I dan Al Hasan II Panti Jember. Prosiding HEFA, Agustus: 288-293.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ryan, J. M. (2008). Triage: Principles and pressures. European Journal of Trauma and Emergency Surgery, 34(5), 427-432. doi:http://dx.doi.org/10.1007/s00068-008-8804-3

Sands, N. (2009). An Exploration of Clinical Decision Making in Mental Health Triage. Archives of Psychiatric Nursing, 23(4): 298-308

Sasikome, J. R., Kumaat L. T., & Mulyadi. (2015). Pengaruh Penyuluhan Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Siswa SMP Katolik Sogiyo Pranoto Manado Menghadapi Banjir. Keperawatan, 3(2): 1-8.

Stein, L. (2008). Mass Casualty Triage. The Oklahoma Nurse, 18-21.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.