Pemberian Sirup Zink Berpengaruh Terhadap Perubahan Berat Badan Pada Balita Kekurangan Energi Protein (KEP) Sedang

Rifzul Maukina, Tut Rayani Aksohini Wijayanti

Abstract

Kekurangan zat gizi balita menyebabkan penurunan berat badan dan berakibat terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan. Kejadian gizi kurang bisa diatasi dengan lebih cepat dengan pemberian sirup zink pada balita gizi kurang dan buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sirup zink terhadap perubahan berat badan pada balita kekurangan energi protein sedang dan berat. Desain penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan pendekatan pre and post test design. Populasi adalah semua balita yang mengalami kekurangan energi protein sedang di wilayah kerja puskesmas Jabung. Sampel sebanyak 20 balita yang mengalami kekurangan energi protein (KEP) sedang dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel diberikan sirup zink selama 2 bulan dengan dosis 1,25mghari kemudian dilakukan evaluasi untuk mengukur berat badan balita. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yaitu berat badan balita yang diukur sebelum dan sesudah pemberian sirup zink. Rata-rata kenaikan berat badan balita selama 2 bulan setelah pemberian sirup zink 0,58kg dan dianalisa menggunakan Wilcoxon.Hasil menunjukkan ada pengaruh pemberian sirup zink terhadap perubahan berat badan pada balita kekurangan energi protein sedang dan berat (p value 0,034). Sirup zink dapat menyebabkan perubahan berat badan yaitu peningkatan berat badan. Saran untuk peneliti selanjutnya agar memberikan sirup zink ini dengan waktu lebih lama yaitu minimal 3 bulan sehingga hasil yang didapat lebih optimal.

Keywords

balita; perubahan berat badan; zink

Full Text:

PDF

References

Agus Krisno B. (2001). Dasar-dasar Ilmu Gizi. Universitas Muhamadiyah Malang Press: Malang

Almatsier, S. (2008). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum

Basuni, A. (2003). Penilaian Status Gizi dengan Antropometri (BB dan TB), dalam Prosiding Konggres Nasional Persagi dan Temuan Ilmiah XII. Jakarta

Brown K.H and Sara E.W. (2000). Zinc and Human Health Result of Recent Trials and Implication for Program Intervention and Research. International Development Research Center : Ottawa, Canada.

Depkes. R.I., (2002). Pedoman Tata Laksanan KEP pada Anak di Puskesmas dan Rumah Tangga. Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Jakarta.

Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Midwifery. (2018). Data KEP. Diperoleh dari Http://www.sinarharapan.co.id

Mundiastuti L.(2002). Pengaruh Pemberian Suplemen Seng (Zn) terhadap Status Gizi Anak Usia 1-3 tahun di Kelurahan Bendul Merisi, Kecamatan Wonocolo dan di Kelurahan Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Tesis. Program Pasca Sarjana UNAIR, Surabaya : 71-7.

Notoadmodjo, S. (2009). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam. (2009). Konsep dan Penerapan metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Prawirohartono. (2012). Nutrien dan Angka Kecukupan Gizi. Yogyakarta: Subbagian Gizi Anak, SMF Kesehatan Anak, RSUD Dr.Sardjito

Putri,RM., Maemunah,N., Rahayu,W (2016). Pemeriksaan Prtumbuhan dan Personal Higiene Anak Pra Sekolah di RA Pesantren Al Madaniyah. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia Vol 1 No 1: 55-64. https://jurnal.unitri.ac.id/ index.php/japi/article/view/459

Poedjiadi. (2010). Dasar-dasar Biokimia. Jakarta: Universitas Indonesia

Sugiyono. (2008). Statistika Untuk Peneliti. Bandung: Alfabeta

Suhardjo. (2008). Pemberian Makanan Pada Bayi dan Anak. Jogjakarta: Kanisius

Supariasa, IDN. (2009). Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

WHO.(1996). Zinc. Trace Elements in Human Nutrition and Health. Geneva : WHO, 72-104.

Wuegard E, Kirchgessner M. (1980). Total True Efficiency of Zinc Utilization : Determination and Homeostatic Dependence Upon Zinc Supply Status in Young Rots. J Nutr 110 : 469-80.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item Supplementary files - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.