PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN, EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER I AKADEMI KEBIDANAN WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG

Moch. Maksum, Sri Handayani

Abstract

Banyak siswa yang kurang memiliki kebiasaan belajar maupun motivasi untuk membaca buku. Perpustakaan adalah suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yang dipelihara dengan baik, dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu dan Kebiasaan belajar merupakan perilaku yang dilakukan relative tetap dan berulang-ulang tidak cukup dengan rajin keperpustakaan dan memiliki kebiasaan belajar yang baik tapi Kecerdasan emosional juga erat hubunganya dengan perasaan dasar manusia. Emosi menuntun kita untuk menghadapi saat-saat kritis dan tugas-tugas yang terlampauriskan bila hanya diserahkan otak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemnfaatan perpustakaan, emotional quotient (EQ), kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mahasiswa semester I Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang. Dengan populasi sebanyak 40 mahasiswa yang berdomisili di asrama kampus Akbid Wira Husada Nusantara Malang. Metode pengambilan sampel adalah tekhnik sampel jenuh yang artinya tekhnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 40 mahasiswa, Uji statistik menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukan bahwa pengaruh pemanfaatan perpustakaan (X1), emotional quotient (EQ)(X2), kebiasaan belajar (X3) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa (Y). Hal ini dibuktikan Variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung> t 0,05 yaitu 5,933 > 3,060. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung> t 0,05yaitu 4,648 > 3,060. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung> t 0,05yaitu 8,064 > 3,060. Sehingga terdapat pengaruh variable X1, X2, X3 terhadap variable Y

Keywords

Pemanfaatan Perpustakaan, Emotonal Quotient (EQ), Kebiasaaan Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.