HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN GAMES EDUCATIONS (PUZZLE, ORIGAMI, BALOK) SEBAGAI MEDIA TERHADAP PENINGKATAN STIMULASI OTAK KANAN PADA SISWA PAUD ANAK AL-AMIN DESA WAJAK KABUPATEN MALANG

Sri Indah, drh. Awang Teja Satria

Abstract

Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses komunikasi antara guru sebagai komunikator dan siswa sebagai penerima pesan. (Udin Winata Putra, 2005). Education Games adalah sebuah permainan yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dalam permainan tersebut mengandung unsure mendidik atau nilai-nilai pendidikan. Saah satu diantranya puzzle, origami, balok. Stimulasi merupakan perangsangan yng datang nya dari lingkungan di luar individu anak.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerapan pembelajaran games educations (puzzle, origami, balok) sebagai media pembelajaran terhadap stimulasi otak kanan pada siswa PAUD Al-Amin di desa Wajak Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif koleratif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Anak Al-Amin di desa WajakKabupaten Malang.Populasi pada penelitian ini sebanyak 49 orang, yaitu seluruh siswa PAUD dengan besar sampel sebanyak 32 responden, adapun teknik sampel yang digunakan adalah sampel nonprobabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 15,07 > 2,35. Hal ini menunjukkan bahwa variable puzzle (X1), Origami (X2), Balok (X3) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan stimulasi otak kanan pada anak. Diharapkan bagi responden atau orang tua khususnya ibu agar berupaya untuk lebih mengetahui potensi yang terdapat dalam diri anak sehingga mampu berkembang maksimal sesuai potensinya

Keywords

Pembelajaran, Games Education, Stimulasi Otak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.