HUBUNGAN ANTARA KONSIDI PSIKIS DAN PERILAKU DENGAN MENARCHE PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS 7-8 DI MTs HASYIM ASYARI MALANG

Puji Astuty, Bibiana Benga Angin

Abstract

Pada dasarnya remaja puber perempuan yang mengalami early-maturation cenderung menimbulkan perilaku yang negatif karena dampak pengalaman langsung yang diterima remaja perempuan selama proses maturation. Dampak pengalaman langsung yang ditunjukkan disini adalah pertumbuhan fisik yang pesat yang ditandai dengan munculnya ciri-ciri seks skunder. Bahwa bersosialisasi dengan remaja yang lebih tua secara psikologis membawa dampak yang berat, sebab mereka memang belum matang secara emosional untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kondisi psikis dan perilaku dengan menarche pada siswi sekolah menengah ke atas di kelas 7-8 di MTs Hasyim Asyari Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu cara pengambilan sampel untuk tujuan tertentu. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisa secara kuantitatif menggunakan perhitungan regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,448 ≥ t0,05 = 1,688 untuk variabel kondisi psikis, dan untuk variabel perilaku nilai t hitung = 1,692 ≥ t0,05 = 1,688, maka dapat disimpulkan, bahwa kondisi psikis dan perilaku mempunyai hubungan yang signifikan untuk nilai Fhitung = 3,297 ≥ F tabel = 3,259 dan dapat dilihat dari analisis koefisien determinasi yang disesuaikan didapatkan hasil 0,155 atau 15,5% yang artinya kondisi psikis dan perilaku ada hubungan dengan menarche.

Keywords

Kondisi Psikis, Perilaku, dan Menarche

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.