STUDI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN KESEHATAN ANAK UMUR 5 TAHUN DALAM TATANAN RUMAH TANGGA DI KEC. SINGOSARI KAB. MALANG

Sayuti Sayuti, Tutik Inderawati

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat (Proverawati, 2012). Berdasarkan wawancara dengan TIM PROMKES Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menerangkan bahwa PHBS di Kabupaten Malang belum seluruhnya tercapai salah satunya Kecamatan Singosari.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kesehatan keluarga dalam tatanan rumah tangga di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Desain penelitian yaitu deskriptif analitik, populasinya adalah seluruh warga di Kecamatan Singosari yang terdiri dari 17 desa. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 desa di Kecamatan Singosari dimana di setiap desa diambil 20 responden, untuk pengambilan sampel dilakukan secara acak.
Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah 1) PHBS pada balita di tatanan rumah tangga, 2) PHBS pada sanitasi di tatanan rumah tangga, 3) PHBS pada kehidupan sehari-hari di tatanan rumah tangga, dan 4) kejadian sakit. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan Uji Regresi linier berganda.
Hasil penelitian di Kecamatan Singosari terlihat bahwa jika diuji bersama-sama PHBS pada balita di tatanan rumah tangga (X1), PHBS pada sanitasi di tatanan rumah tangga (X2), PHBS pada kehidupan sehari-hari di tatanan rumah tangga (X3) berpengaruh terhadap kejadian sakit (Y1) dan jenis pengobatan (Y2) hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu Fhitung = 32.774 > F0.05 =2.70 dan Fhitung 14.430 > F0.05 = 2.70

Keywords

PHBS, kesehatan keluarga, tatanan rumah tangga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.