HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI SUNTIK 3 BULAN DENGAN KEPATUHAN JADWAL PENYUNTIKAN ULANG SUNTIK 3 BULAN DI BPS ANI LATIFAH TIRTOYUDO KABUPATEN MALANG

Ratih Rahdiyaningrom, Endang Prasetyowati, Donna Dwinita Adelia

Abstract

Akseptor lebih memilih metode kontrasepsi suntik karena alasan praktis yaitu sederhana dan tidak perlu lupa.Kontrasepsi suntik memiliki efektifitas yang tinggi bila penyuntikannya di lakukan secara teratur dan sesuai jadwal yang telah di tentukan.Ketepatan waktu untuk suntik kembali merupakan kepatuhan akseptor karena bila tidak tepat dapat mengurangi efektifitas kontrasepsi tersebut.Kegagalan dari metode kontrasepsi suntik di sebabkan karena keterlambatan akseptor untuk melakukan penyuntikan ulang.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kontrasepsi suntik kb 3 bulan dengan kepatuhan jadwal penyuntikan ulang kb suntik 3 bulan di bps.Ani Latifah Tirtoyudo Kabupaten Malang. Pada penelitian ini metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif, jumlah sampel yang ada dalam penelitian ini sebanyak 30 orang responden. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan didukung dokumentasi. Analisis data statistik penelitian yang dipergunakan adalah analisis regresi sederhana.

                 Variabel pengetahuan kontrasepsi suntik pengetahuan mempunyai nilai rata-rata sebesar 14,5 dengan nilai terbesar 20 dan nilai terkecil 6 maka nilai rata-rata untuk variabel pengetahuan kontrasepsi suntik hampir mendekati nilai terbesar sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian responden pengetahuan kontrasepsi suntik sudah cukup bagus. Untuk Variabel kepatuhan jadwal mempunyai nilai rata-rata sebesar 2,6 dengan nilai terbesar 3 dan nilai terkecil 2 nilai rata-rata untuk variabel kepatuhan jadwal juga mendekati nilai terbesar sehingga dapat dikatakan bahwa kepatuhan jadwal juga cukup bagus.Analisis statistik dan pengujian hipotesis membuktikan nilai t hitung 7,490 > t 0,05 (2,048), maka tujuan penelitian terjawab bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang kontrasepsi suntik 3 bulan dengan kepatuhan jadwal penyuntikan ulang suntik 3 bulan di BPS Ani Latifah Tirtoyudo Kabupaten Malang. Analisis regresi penelitian memperoleh nilai koefisien determinasi atau R Square (R2) sebesar 0,675 nilai tersebut membuktikan bahwa hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kontrasepsi suntik 3 bulan dengan kepatuhan jadwal penyuntikan ulang suntik 3 bulan di BPS Ani Latifah Tirtoyudo Kabupaten Malang sebesar 67,5%.

Keywords

Tingkat Pengetahuan, Kontrasepsi Suntik KB 3 Bulan, Kepatuhan Jadwal Penyuntikan Ulang, KB Suntik 3 Bulan.

Full Text:

PDF

References

Affandi Biran dkk. 2014. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta.

Baziad Ali. 2002. Kontrasepsi Hormonal.Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Jakarta

Everret S. 2007. Kontrasepsi dan Kesehatan Seksual Reprodukti. ECG, Jakarta.

Hidayat Aziz Alimul .2003. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Salemba medika, Jakarta.

Manuaba Ida Bagus Gde, dkk. 2010 Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB. EGC, Jakarta.

Manuba,Ida Bagus Gde. 2001. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin obstetric Ginekologi dan KB. EGC, Jakarta.

Mansjoer, Arif .2007. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta: Media Aesculapius.

Marmi. 2015. Buku Ajar Pelayanan KB.Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mochtar, Rustam. 2002. Sinopsis Obstetri Jilid II.EGC, Jakarta.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2007. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Saifuddin, Abdul Bari. 2003. Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi.Yayasan Bina Pustaka.Sarwono Prawirohardjo, Jakarta.

Setiyaningrum Erna. 2015. Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. TIM, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D Alfabeta, Bandung.

Sulistyawati, Ari.2014. Pelayanan Keluarga Berencana. Salemba Medika, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.