PENGARUH PEMBERIAN JUS SEMANGKA (Citrullus lanatus) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

Handriana Vivilia Renga, Fina Purwaningtyas, Tutik Inderawati

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal. Umumnya hipertensi dialami oleh lansia. Dalam menurunkan tekanandarah tidak hanya menggunakan obat-obatan anti hipertensi tetapi dapat juga menggunakan buah-buahan yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah seperti jus semangka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jus semangka terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus uji t berpasangan. Variabel Indepependent (X) adalah pemberian jus semangka (Citrullus lanatus), variabel dependent (Y) adalah penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Populasi dari penelitian ini sebanyak 50 orang lansia sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang lansia yang diambil dengan cara metode purposive sampling.

            Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai t hitung (8,495 >t tabel 2,04) untuk kelompok perlakuan 300 g yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan untuk dosis 300 g selama 7 hari pemberian, sedangkan nilai t hitung untuk kelompok perlakuan 150 g didapatkan t hitung (1,003 < t tabel 2,04) sehingga tidak didapatkan pengaruh yang signifikan untuk dosis 150 g selama 7 hari pemberian.

 

Keywords

Jus Semangka, Lansia, Tekanan Darah

Full Text:

PDF

References

Adid, Muhammad. 2009. Cara Mudah Memahami Dan Menghindari Hipertensi, Jantung Dan Stroke. Dianloka, Yogyakarta.

Bangun. 2008. Terapi Jus & Ramuan Tradisional Untuk Hipertensi. Argo Media Pustaka, Jakarta selatan.

Fadilah, Maya. 2016. Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi. Stikes keperawatan muhammadiyah Palembang. Juni 2016.

Marta, Karnia. 2012. Panduan Cerdas Mengatasi Hipertensi. Araska, Yogyakarta.

Permata, Rebbi, dkk. 2017. Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal ilmu kesehatan. Sekolah tinggi ilmu keperawatan alifah padang. Oktober 2017.

Pratiwi, Erlita dan Mumpuni, Yekti. 2017. Tetap Sehat Saat Lansia. Andi (KDT), Yogyakarta.

Sari, putri. 2011. Khasiat Buah & Manfaat Sayur. Immortapublisher, Yogyakarta.

Satria, Winkanda. 2013.68 Buah Ajaib Penangkal Penyakit.Ar- RuzzMedia, Yogyakarta.

Shanti, Made dan Reni Zuraida. 2016. Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Tekanan Darah Lansia. Bagian gizi, Fakultas kedokteran, universitas lampung. Oktober 2005.

Sudewo, Bambang. Tanaman Obat Popular Pengempur Aneka Penyakit. Argo Media Pustaka, Jakarta Selatan.

Wijoyo.2008. Sehat Dengan Tanaman Obat. Bee Media Indonesia, Jakarta.

Yulianti, sufridadan Sitanggang, Maloedyn. 2006. 30 Ramuan Penakluk Hipertensi. PT Agro Media Pustaka, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.