EFEKTIVITAS PROMOSI ONLINE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN

M. Rifa'i

Abstract

Promosi online adalah kegiatan yang dilakukan oleh pihak (perusahaan) menggunakan media online (internet) dalam menawarkan produk atau jasa, sehingga tidak terjadi tatap muka langsung antar pembeli dan penjual. Penelitian ini dilakukan di pada UKM terang bulan merona di jalan Bendungan Sutami, Kota Malang. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui jenis promosi online yang digunakan, memahami model promosi online yang digunakan dalam mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen dan mengetahui keefektifan promosi online dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/ angket dan wawancara dari 100 responden, penentuan sampel dan teknik sampel menggunakan metode purposive sampling dan non probability sampling dengan menggunakan rumus Daniel & Terrel, metode analisis data menggunakan analisis skor rata-rata mengunakan microsoft excel dan SPSS untuk menguji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi online pada media sosial online (facebook, twitter dan instagram) menggunakan pendekatan 4C menghasilkan angka 3, 91, yang berarti promosi online menunjukkan angka yang efektif karena dengan angka yang demikian konsumen dianggap sudah menyukai dan mengingat promosi yang dilakukan sehingga akan mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil pengujian simultan menunjukkan promosi online berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil pengujian didapatkan hasil F hitung (22,223) > F tabel (1,401) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak (Ha diterima) sedangkan pengujian secara parsial menghasilkan facebook (X1) t hitung > t tabel ( 2,120) > (1,984), dengan nilai sig sebsar 0,037 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, twitter (X2) t hitung > t tabel ( 2,179>1,984), dengan nilai sig sebesar 0,032 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan instagram (X3) t hitung > t tabel ( 4,785>1,984), dengan nilai sig sebsar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat dinyatakan bahwa variabel sosial media online mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu jumlah r square adalah 0,410 atau 41% maka E =1-0,41,0 = 0,59 atau 59% yang berarti kontribusi promosi online terhadap keputusan pembelian sebesar 41% sedangkan sisa yaitu 59% di pengaruhi oleh faktor lain yaitu tempat dan rasa yang beraneka ragam.

Full Text:

PDF

References

Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Mediakita.

Ghozali, I. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler Philip2005. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Benyamin Molan Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M. M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., 2003. Marketing Management. Elevent Edition. USA :Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip, (2006). Marketing Management Millenium. Edition Prentice. New Jersey: Hall International.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relation, Advertising, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan Hani Handoko. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakaarta : BPFE.

Sugiyono. 2008. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2011 metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. ALFABETA, Cetakan ke-14 Bandung.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.