PENGARUH PELATIHAN DAN KALIMAT MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN UMKM

Sri Andika Putri, Warianto Warianto

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) sangat berperan penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia dan diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi penganguran yang ada di Indonesia. Keberadaan UMKM sudah tidak diragukan lagi karena mampu bertahan dan menjadi penggerak ekonomi masyarakat Indonesia. Pelaksanaan aktifitas-aktifitas bidang tersebut harus didukung dengan adanya pelatihan dan motivasi agar dapat meningkatkan produktifitas kerja seseorang maupun karyawan yang bekerja dibagian tersebut. Hal tersebut dilakukan dalam usaha memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi dengan cara meningkatkan dan memperdayakan berbagai usaha dibidang UMKM yang keberadaannya sangat berpengaruh didalam kemajuan ekonomi Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan kalimat-kalimat motivasi yang digunakan oleh pemilik UMKM terhadap karyawan sehingga karyawan memiliki produktifitas kerja yang tinggi. Penelitian dilakukan di UMKM NEES Tailor dan Konveksi yang ada di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sistem pengumpulan data dilakukan secara mengobservasi lapangan, mendokumentasi, dan mewawancarai pemilik dan karyawan UMKM.
Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan yaitu pelatihan yang telah diberikan berupa pelatihan tentang tata cara menyablon dan menjahit baju berpengaruh positif terhadap produktifitas kerja karyawan dan kalimat motivasi yang dilontarkan berpengaruh positif juga terhadap produktifitas kerja karyawan. Pekerjaan karyawan dari hari ke hari menjadi semakin baik dan karyawan merasa puas dengan penghargaan yang diberikan, baik berupa benda maupun kalimat pujian.

Full Text:

PDF

References

Agusta dan Sutanto. 2013. “Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV Haragon Surabaya” Jurnal Program Studi Manajemen, Vol 1 No. 3

Budiartha, Bagia dan Wayan. 2015. pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen Volume 3 Tahun 2015.

Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satria, Kuswara. 2013. “Pengaruh Motivasi dan Pelatihan terhadap Kompetensi Kerja Serta Implikasinya pada Produktivitas Pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandung” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 7 No. 2

Strauss dan Sayles. 1982. Manajemen Personalia Segi Manusia dalam organisasi. Jakarta: Sapdodadi.

Sudaryanto dan Hanim,Anifatul. 2002. “Evaluasi Kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA): Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis” Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. 2005. Manajemen Karyawan. Yogyakarta: Aditya Media.

Suwatno dan Priansa. 2014. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

https://www.google.co.id/search?q=pengertian+karyawan+menurut+para+ahli+pdf&oq=pengertian+karyawan+&gs_l=serp.1.5.0l10.66614.66614.0.69369.1.1.0.0.0.0.195.195.0j1.1.0....0...1c.1.64.serp..0.1.193.8TfNlE-7Mr8 diakses pada tgl 08 November 2016.

http://wwtarajatim.com/lihat/berita/142539/pemprov-jatim-lakukan-langkah-strategis- hadapi-mea diakses pada tgl 06 November 2016.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/18681/4/Chapter%20II.pdf diakses pada 17 Desember 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.