MENATAP BISNIS RITEL SYARIAH

Siswahyudianto Siswahyudianto

Abstract

Manajemen retail mulai mendapatkan perhatian dari pelamar kerja. Berbagai bentuk baru dari format retail, cara-cara pengelolaan yang semakin modern membuat profesi ini menuntut orang yang professional. Professional dalam pembelian barang, mengatur tata letak, menjalankan program-program promosi penjualan, menjalin kemitraan dengan pemasok dan lain-lain. Pekerjaan di bisnis ini, meskipun mempunyai spesialisasi per department, semakin lama arahnya ke general manager.
Menjamurnya ritel sudah lumrah karena negara ini merupakan negara berkembang yang memiliki penduduk yang membeli barang dalam bentuk eceran. Contoh ritel di Indonesia misalnya Alfamart dan Indo Maret.Kajian ini menggunakan qualitative methodology dan menggunakan triangulation method (qualitative and quantitative methods). Qualitative methodology diambil karena kajian ini bermaksud menghasilkan model bisnis ritel bank syariah melalui proses pemahaman dan analisa sejumlah indikator dan latar belakang industri study literature (kajian fiqh muamalah, kajian bisinis model perbankan,studi komparatif model bisnis) dalam rangka mendapatkan informasi dari sumber primer dan sekunder.
Kajian bisnis retail bank syariah ini mencoba menganalisa operasional bank syariah saat ini termasuk tantangan pengembangan industri perbankan syariah dalam rangka mengkaji model-model bisnis bank syariah ideal, workable, dan prudent di masa datang. Model-model bisnis bank syariah tersebut diharapkan dapat melayani lebih banyak masyarakat, menjawab harapan berbagai pihak, sesuai dengan karakter bisnis perbankan syariah Indonesia, berorientasi masa depan dan comply dengan international standard. Hasil kajian adalah dalam rangka mendukung visi dan misi pengembangan bisnis ritel bank syariah selain beroperasi dengan kontrak-kontrak bisnis Islami, industry perbankan syariah Indonesia juga tumbuh kondusif, sehat, efisien dan kompetitif dengan prinsip kehati-hatian yang sesuai dengan karakteristik bisnis masyarakat Indonesia dan sesuai dengan standar yang ditetapakan di level international.

Full Text:

PDF

References

Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasara. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.

Utami, Christina Whidya. 2006. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat

http://galeriukm.web.id/news/kriteria-usaha-mikrokecil-dan-menengah-umkm, Diakses pada 10 Januari 2017.

http://www.infotech.com/research/retailbanking-crm-road-to-differentiation-higher-profits. Accessed : 10 Januari 2017.

http://www.ehow.com/about_5077118_role-retail-banking.html, Accessed : 10 Januari 2017.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.