PERAN DISIPLIN DAN KOMPETENSI PEGAWAI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT

Yuni Setyawati, Elly Lestari

Abstract

Penelitian ini mengkaji asosiasi dari faktor disiplin dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit dengan menerapkan metode survei eskplanatori. Metode ini berguna untuk menjelaskan fenomena sosial yang terjadi dalam tempat penelitian. Data primer dikumpulkan dan kemudian dianalisis dengan metode Regresi linier berganda pada taraf signifikansi 0.05. “Analisis regresi secara parsial memperlihatkan bahwa variabel disiplin (X1) memiliki asosiasi yang signifikan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit, yakni dengan besar pengaruh mencapai 90,5%. Sementara itu, kompetensi pegawai (X2) juga memiliki asosiasi signifikan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit, dengan kontribusi sebesar 50,5%. Temuan tersebut sejalan dengan analisis Regresi secara simultan yang juga memperlihatkan asosiasi signifikan dengan total pengaruh sebesar 93,8%. Di sisi lain, terdapat persentase 6,2 % yang merepresentasikan besar pengaruh dari variabel lain yang terkait dengan kualitas pelayanan rumah sakit namun tidak dikaji dalam penelitian ini.” Hal tersebut menjadi poin rekomendasi bagi penelitian selanjutnya untuk mengidentifikasi faktor lain yang membentuk kualitas pelayanan medis di rumah sakit.

 

Keywords

Disiplin, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References

Agustina Surya Utami & Karlina Ali. (2021). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (Eva). (Studi Pada Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Otomotif Yang terdaftar Di BEI Periode Tahun 2015-2019). MAnajemen Diversivikasi, 1(3), 6.

Astuti, D. (2004). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Darsono dan Ashari. (2005). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi Offset.

Dewi, M. (2017). Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode EVA (Economic Value Added) (Studi Kasus pada PT. Krakatau Steel Tbk Periode 2012-2016). Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 648–659.

Hanafi, M. (2003). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Harahap. (2011). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Harahap. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harmono. (2011). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis (Edisi ke 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Hefrizal, M. (2018). Analisis Metode Economic Value Added Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal

Program Studi Akuntansi, 4(1), 64–

Makmur, Maninggarjati, R., & Nur Afni Oktabianita. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) pada PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk. Jurnal Eksis, 16(2), 1–19.

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Yogyakarta: Liberty.

Risnaningsih, 2017 Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, Vol 1, (1)

, Hlm. 41-50

Sahabuddin, R. (2016). Development of buvalue and behaviours: Takalar district, South Sulawesi (Indonesia) case study. Actual Problems of Economics, 176.

Sawir, A. (2009). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tunggal, A. W. (2001). Memahami Konsep Economic Value Added (EVA) dan Value Based Management (VBM). Jakarta: Harvasindo.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.