UPAYA PENYULUHANDALAM PENGGUNAAN PUPUK BERIMBANG PADA TANAMAN CABAI MERAH DI KELOMPOK TANI TRI REJEKI

Fenny Tamu Ina, Son Suwasono, Umi Rofiatin

Abstract

Pupuk berimbang adalah pemberian sejumlah pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan kesuburan tanah agar terjadi bila menerapkan keberimbangan maka dihasilkan produktivitas, mutu hasil, kesuburan tanah dan keuntungan ekonomis dan ekologis akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk  1) Mengetahui berapa banyak petani cabai merah  yang  menggunakan pupuk berimbang pada tanaman cabai merah di kelompok tani Tri Rejeki Desa Bocek Karangploso Kabupaten Malang 2) Untuk mengetahui upaya penyuluhan dalam penggunaan pupuk berimbang  pada tanaman cabai merah di kelompok tani Tri Rejeki Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang pada bulan Januari sampai Februari. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder dengan pengukuran skala likert. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) petani cabai merah yang  menggunakan pupuk berimbang pada tanaman cabai merah sebesar 57% atau sebanyak 30 orang petani dan yang belum menggunakan sebesar 43% atau sebanyak 27 orang petani. 2) Upaya penyuluhan dalam penggunaan pupuk berimbang kepada petani cabai merah dilakukan dengan memberikan ide-ide cemerlang dan memberikan solusi dalam memecahkan persoalan yang terjadi sehingga petani dapat menambah pengetahuan. Upaya ini terbukti dalam menghitung dosis dalam pemupukan berimbang. Upaya memberikan solusi dalam memecahkan  persoalan yaitu dengan melakukan survey lapangan sehingga berbagai permasalahan yang kemudian diramu, seperti solusi dalam  meningkatkan produksi usaha cabai merah.

Keywords

Penyuluhan, Pupuk Berimbang, Cabai Merah

Full Text:

PDF

References

Jurnal

Bete, Katarina; Taena, Werenfridus. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Cabe Rawit Merah di Desa Tapenpah Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor, 2018, 3.1: 7-9.

BPS. (2014). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Berita Resmi Statistik, 17(16/02), 1-9. Diakses 24 Juni 2021.

Effendy, L dan Badri, (2020). Model Peningkatan Kapasitas Petni pada Penerapan Pemupukan Berimbang Padi Sawah di Kecamatan Sindangkasih Ciamis Journal Of Social Science (JSS).

Effendy, L dan Sudiro. (2020). Model Peningkatan Partisipasi Petani dalam Penerapan Pemupukan Berimbang Padi Sawah di Kecamatan Cikoneng. International Journal Arts and Social Sciens (IJASS), Vol 3 Issue. Diakses Januari – Februari 2020).

Effendy, L. dan Reza Oktaviansyah. (2019). Model Peningkatan Partisipasi Petani dalam Penggunaan Varietas Unggul Baru Padi Sawah di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Journal of Agriculture Extension Nigerian. Vol. 9 (1) Feb 2020.

Effendy, L. dan Reza Oktaviansyah. 2019. Model Peningkatan Partisipasi Petani dalam Penggunaan Varietas Unggul Baru Padi Sawah di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Journal of Agriculture Extension Nigerian. Vol. 9 (1) Feb 2020.

Eliyatiningsih, E., & Mayasari, F. (2019). Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Pada Usahatani Cabai Merah di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Jurnal Agrica, 12(1), 7-16.

Hulyatussyamsiah, S. N., Hartono, R., & Anwarudin, O. (2019). Adopsi Pemupukan Berimbang Padi Sawah Melalui Penggunaan Urea Berlapis Arang Aktif di Majalengka. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 14(2).

Nurhayati, T., Krisnawati, E., & Widyastuti, N. (2020). Minat Petani dalam Penerapan Pemupukan Berimbang dengan Teknologi Urea Berlapis Asam Humat pada Tanaman Padi Sawah di Kecamatan Rancakalong Sumedang. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 15(2), 21-30.

Saputri, R. D. (2016). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Dengan Tingkat Perkembangan Kelompok Tani di Kabupaten Sukoharjo. Agrista, 4(3).

Yahya, M. (2018). Kemampuan Petani Dalam Penerapan Pemupukan Berimbang Tanaman Jagung di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Agrica Ekstensia, 12(1), 7-13.

BUKU

Anwarudin, O. Et al. (2021). Sistem Penyuluhan Pertanian. Yayasan Kita Menulis.

Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus. (2021). Diakses 10 September 2021.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang, (2020) https://malangkab.bps.go.id/statictable/2020/06/02/826/produksi-tanaman-sayuran-menurut-kecamatan-dan-jenis-sayuran-di-kabupaten-malang-2018-dan-2019.html. Diakses 24 Juni 2021.

Widyaningsih, T. D., Wijayanti, N., & Nugrahini, N. I. P. (2017). Pangan Fungsional: Aspek Kesehatan, Evaluasi, dan Regulasi. Universitas Brawijaya Press.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.