PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SUBSEKTOR LOGAM DAN SEJENISNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nuraini Nuraini, Edi Suswardji Nugroho

Abstract

Perusahaan subsektor logam dan sejenisnya tengah menghadapi permasalaha disrupsi. Permasalahan tersebut dapat mengancam keberlangsungan usaha logam yang kini mulai tergeser dengan bahan baku jenis lain. Seperti plastik yang terus mengalami peingkatan kekuatan dan dapet menggantikan logam sebagai bahan baku di bidang industri otomotif, infrastruktur, atau lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan subsektor Logam dan Sejenisnya tahun 2014-2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan alat analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan; sedangkan Leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan dan secara simultan Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Keywords

Ukuran Perusahaan, Leverage, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References

Aries, Heru Prasetyo. 2011. Valuasi Perusahaan. Jakarta Pusat: PPM.

Dewi, Ernawati dan Dini Widyawati. 2015. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011)”. (Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 4 No. 4).

Gusni; Nadia Nur Aufa Ameldinata, Sofia Felesia Riska Sugiarto, Sherina Gunawan, dan Zakiyyatun Nisa. 2021. “The Effect Of Leverage, Agency Cost, And Firm Size On Firm Value”. (Jurnal Psychology and Education Volume 52 nomor 1)

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Hermuningsih, Sri. 2012. Pengantar Pasar Modal Indonesia.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Manoppo, Heven dan Fitty Valdi Arie. 2016. “Pengaruh Strukur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014)”. (Jurnal EMBA, Vol. 4 No. 2).

Weston, J. Feed dan Thomas E. Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara.

www.news.ddtc.co.id diakses 25 Oktober 2020

https://ekonomi.kompas.com(2019/02/13) diakses 5 Maret 2021

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.