EVALUASI KINERJA KOPERASI DALAM UPAYA MENIGKATKAN KINERJA PENGURUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CAHAYA NARARAY, DESA CIMEKAR KEC. CILEUNYI KAB.BANDUNG)

Mega Mariani, Nabilla Haedarroh Shafira, Winda Sri Rahayu

Abstract

Tujuan pada penelitian ini dilakukan agar mengetahui seberapa mengingkatnya kinerja pengurus dalam masa pandemi Covid-19 ini dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh koperasi simpan pinjam dalam meningkatkan kinerja para pengurus koperasi. Objek dalam penelitian kelompok kami ini yaitu Koperasi Simpan Pinjam Cahaya Nararay yang berada diwilayah Desa Cimekar, Kec. Cileunyi Kabupaten Bandung. Evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan metode balance scorecard yaitu pengukuran kinerja dari pengurus dan pengawas koperasi dengan menggunakan 4 perspektif. Keadaaan koperasi dapat dikatakan dalam keadaan cukup akan tetapi mengalami beberapa penurunan. Adapun beberapa usulan dari hasil evaluasi kinerja koperasi sebagai upaya mengingkatkan kinerja dari pengurus maupun pengawas agar lebih baik dan berkualitas, dapat dilihat dari segi persepektif keuangan yaitu meningkatkan jumlah pendapatan melalui media pemasaran, pada segi perspektif pelanggan yaitu menjalin dan menjaga hubungan dengan anggota koperasi, segi perspektif proses bisnis internal yaitu pengadaan produk baru atau membuat desain pamflet sebagai media promosi, dan dari segi perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu pengadaan pendidikan dan pelatihan khusus kepada pengurus maupun pengawas koperasi.

Keywords

Balance Scorecard, Pengukuran Kinerja, Perspektif, Evaluasi

Full Text:

PDF

References

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuniaristando, Irfan Hilmi Hamdani, Niken Aristyawati, Galuh Qodrina. 2016. “Pengukuran Kinerja Dengan Motode Balance Scorecard Pada Perusahaan Printpro” (Jurnal Performa, Volume 15 Nomor 2).

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.