PESAN IKLAN SABUN LUX VERSI BUNGA CITRA LESTARI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Sri Andika Putri

Abstract

Promosi merupakan sebuah kegiatan yang bertindak sebagai ajakan kepada konsumen untuk membeli produk. Untuk meningkatkan daya beli konsumen maka pesan iklan yang disampaikan harus dikemas semenarik mungkin. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pesan iklan sabun mandi  kecantikan merek Lux  Versi Bunga Citra Lestari  terhadap minat beli konsumen pada sabun cair secara parsial, simultan, dan dominan.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner, studi  pustaka dan observasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.

Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh pesan iklan sabun  mandi kecantikan merek Lux versi Bunga Citra Lestari terhadap minat beli konsumen  pada sabun cair berdasarkan pengujian regresi berganda dinyatakan memiliki pengaruh, dengan nilai hasil uji t untuk variabel struktur pesan sebesar 3,743, format pesan sebesar 2,848 dan sumber pesan sebesar 2,371. Sedangkan berdasarkan hasil uji F membuktikan bahwa variabel struktur pesan, format pesan dan variabel sumber pesan berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat beli konsumen dengan nilai F sebesar 10,658 dan diketahui variabel struktur pesan lebih dominan berkontribusi mempengaruhi minat beli konsumen. Dengan demikian untuk menarik minat beli konsumen sabun  mandi kecantikan merek Lux versi Bunga Citra Lestari maka perlu diperhatikan dalam melakukan promosi dengan cara menetukan strategi yang sesuai dengan keadaan baik dari segi keuangan maupun segi kemampuan fisik, melakukan promosi sesuai dengan etika dan memperhatikan suasana konsumen.

Keywords

Pesan Iklan, Minat Beli, Konsumen

Full Text:

PDF

References

Arikunto. S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Djakfar. 2007. Iklan VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir. Moh. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Putra.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Admistrasi. Bandung: CV Alfabeta

http://marsnewsletter.wordpress.com/2009/08/10/tiga-produk-unilever-dominasi-market-shere-sabun-cair/.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.