ANALISIS MODAL KERJA PADA UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN LABA USAHA

Elly Lestari, Wilhelmus Rian Raja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas pengelolaan modal kerja serta pengaruh modal kerja terhadap laba usaha pada UMKM took roti khususnya Toko Roti Fadilah yang terdapat di Jalan Raya Tlogomas Malang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan selama lima periode dari tahun 2013 – 2017.

Pengumpulan data berbentuk dokumentasi dari laporan keuangan pada UMKM Toko Roti Fadilah. Penelitian ini menunjukan bahwa modal kerja sangat berpengaruh secara signifikan terhadap laba usaha hal tersebut dibuktikan bahwa semakin banyak modal yang digunakan untuk produksi maka semakin tinggi pula hasil produksinya sehingga hal tersebut dapat meningkatkan laba uahanya.

Keywords

Modal Kerja, UMKM, Laba Usaha

Full Text:

PDF

References

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jumingan. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Keenam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Laporan Keuangan Dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Cetakan Kedua, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sugiyono. 2013 Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia

Sugiono. 2015. “Analisis penyediaan dan penggunaan modal kerja pada UMK dalam meningkatkan laba uasaha pada KUB (kelompok usaha bersama) alam lestari” dalam jurnal Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Sabtu, 07 November 2015. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Weston & E. Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi Jilid 1. Jakarta: Bina Rupa Aksara Publisher.

Zubir, Zalmi. 2005. Studi Kelayakan Usaha. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.