PENGEMBANGAN BUDI DAYA STROBERI DI DISTRIK WALESI KABUPATEN JAYAWIJAYA

Alber Tulak, Khaerunisa Khaerunisa, Shoy3 Shoy3

Abstract


Tanaman stroberi merupakan salah satu sumber pendapatan dalam sektor pertanian di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua khususnya di Distrik Walesi. Budidaya yang dilakukan oleh petani saat ini masih bersifat konvensional dan masih dalam skala kecil dan masih perlu pengembangan. Adapun permasalahan yang dihadapi adalah belum diketahui bagaimana potensi dan faktor-faktor lingkungan eksternal dan lingkungan internal serta bagaimana pengembangan strategi budidaya stroberi di Distrik Walesi Kabupaten Jayawijaya. Tujuan dari penetian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi dan faktor-faktor lingkungan eksternal dan lingkungan internal usahatani budidaya stroberi di Distrik Walesi Kabupaten Jayawijaya serta merumuskan pengembangan strategi budidaya stroberi di Distrik Walesi Kabupaten Jayawijaya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan analisis SWOT.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Faktor-faktor internal sebagai berikut berikut: a. Kekuatan: Iklim yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman stroberi, produk unggulan daerah, dan konsumen. b. Kelemahan: modal petani yang terbatas, manajemen usaha yang belum memadai, dan peningkatan sdm yang belum dicapai. c. Peluang :  pasar yang masih terbuka, dukungan dari pemerintah terhadap pengembangan budidaya stroberi, dan motif ekonomi pasar yang kuat dengan adanya investor. d. Ancaman: masuknya produk stroberi dari daerah lain, adanya peningkatan biaya, dan belum ada industri yang mau menjadi mitra. 2. Alternatif strategi yang dapat diterapkan:  a. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi stroberi agar mampu memenuhi permintaan konsumen. b. Memaksimalkan SDM untuk melakukan perbaikan dalam strategi pemasaran serta mempertahankan kualitas stroberi. c. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi stroberi agar mampu memenuhi permintaan konsumen dengan menerapkan konsep agrowisata stroberi. 3. Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam upaya pengembangan agribisnis stroberi di Distrik Walesi adalah meningkatkan pendidikan dan pengajaran serta permodalan melalui kelembagaan dengan menyentuh seluruh petani untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas stroberi untuk memenuhi permintaan pasar.

Keywords


Pengembangan, Budidaya, Stroberi

Full Text:

PDF

References


Aksi Agraris Kanisius (AAK). 2012. Investasi Agribisnis Komoditas Unggulan Tanaman Pangan dan Holtikultura. Yogyakarta: Kanisius. Andriani, Ratna Dewi. 2007. Terminal Agrobisnis, Perlukah di Kawasan Transmigrasi.http://www.nakertrans.go .id/majalah_buletin/majalah_balitfo/vol ume_2_2/terminal_agribisnis.php

Arifin, Bustanul. 2004. Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara. Budi man, S. dan D. Saraswati . 2008. Berkebun Stroberi Secara Komersi al Jakarta: Penebar Swadaya. Budiman, S dan Saraswati, D. 2006. Berkebun Stroberi Secara Komersil. Jakarta: Penebar Swadaya. Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarata: Raja Grafindo Persada. Budiman, S. dan D. Saraswati . 2008. Berkebun Stroberi Secara Komersi al Jakarta: Swadaya. David, F.R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-konsep, Alih Bahasa: Kresno Santoso. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia. Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Soekartawi. 2005. Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/optima.v3i1.1247

Article metrics

Abstract views : 36 | views : 71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alber Tulak, Khaerunisa Khaerunisa, Shoy3 Shoy3

Editorial Office :
Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522