ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERBASIS RASIO PADA PERUSAHAAN BACHRI DARMO KOTA MALANG (STUDI KASUS PERUSAHAAN BACHRI DARMO KOTA MALANG/AREA MALANG)

Elly Lestari

Abstract

Kinerja keuangan merupakan gambaran umum prestasi yang dicapai perusahaan Bachri Darmo dalam kegiatan operasionalnya baik menyangkut aspek kuangan, pemasaran, penghimpunan dana dan penyaluran dana. Tindakan untuk mengetahui kinerja keuangan diketahui dari berbagai perhitungan rasio seperti likuiditas, profitabilitas dan aktiva. Tujuan untuk mengetahui  kinerja  Keuangan  pada perusahaan tersebut melalui analisis  rasio likuiditas, rasio profitabilitas dan  rasio aktiva.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian menggunakan laporan keuangan Perusahaan Bachri Darmo Kota Malang periode 2014-2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah deskriptif dan rasio keuangan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa kinerja keuangan perusahaan Bachri Darmo Kota Malang dalam keadaan baik karena nilai likuiditas perusahaan berdasarkan current ratio cukup tinggi untuk membayar utang, nilai Return On Assets (ROA) cukup tinggi, Rasio Lancar (Current Ratio) cukup tinggi dan nilai Asset Trun Over (ATO) tinggi.  Perusahaan diharapkan menjaga kinerja keuangan yang baik sehingga mampu mengetahui kesehatan usaha yang bertujuan untuk pengambilan keputusan.

Keywords

Kinerja Keuangan, Rasio Aktiva, Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas

Full Text:

PDF

References

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Maylina. 2007. Kemampuan Rasio Keuangan sebagai Alat untuk Memprediksi Peringkat Obligasi (PT Pefindo). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Semarang. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/viewFile/243/179. Diunduh 31 Maret 2018 pukul 13:45 WIB.

Sawir, Agnes. 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukirno, S. 2014. Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah Dan Kebijakan.Jakarta: Kencana.

Syamsudin, L. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: Hanindita.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.