STRATEGI LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Fitria Setyaningrum

Abstract


Pengelolaan keuangan menjadi suatu masalah dalam UMKM karena pemilik UMKM mengabaikan pentingnya pengelolaan laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman pelaku UMKM  di Tlogomas Malang terhadap pencatatan keuangan 2) untuk menambah strategi terbaru laporan keuangan pada pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kabupaten Malang pada bulan November-Desember 2017. Sasaran  penelitian yang dipilih yaitu para pelaku UMKM  pada kelurahan Tlogomas Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui obervasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pelaku UMKM di Tlogomas Malang telah mengelompokkan transaksi sesuai akun-akun yang ada didalam laporan keuangan yang dilihat berdasarkan pencatatan keuangan yang dilakukan dalam usahanya sehingga dapat dikatakan mampu mencapai tingkat penafsiran tetapi belum mencapai tingkat ekstrapolasi karena pelaku UMKM di Tlogomas Malang hanya melakukan pencatatan keuangan dalam bentuk yang sederhana. 2) strategi baru yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM dalam mencatat laporan keuangan adalah dengan bantuan layanan software Microsoft Excel. 3) strategi yang digunakan dalam mengelola laporan keuangan pada pelaku UMKM di Tlogomas Malang berdasarkan analisa SWOT adalah strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Artinya strategi yang diterapkan lebih defensif, yaitu pelaku UMKM  cenderung lebih survival.


Keywords


Laporan Keuangan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Ediraras, Tintri. 2010. “Akuntansi Dan Kinerja UKM” Jurnal Ekonomi Bisnis no.2 Vol 15, Jakarta.

Saragih, Fitriani. Surikayanti. 2015. “Analisis Penerapan Akuntansi dan Keseuaiannya Dengan SAK ETAP pada UKM Medan Perjuangan” Jurnal: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Srikandi, C. dan Setyawan, A.B. 2004 “Analisis Penerapan Siklus Akutansi pada Usaha Kecil Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta” Jurnal Ilmiah ESAY Vulume 9.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/opt.v2i2.1164

Article metrics

Abstract views : 135 | views : 105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fitria Setyaningrum

Editorial Office :
Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522