PRESERVASI KEARIFAN LOKAL DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK BAGI KELUARGA PERKOTAAN (Studi Kasus tentang Tanaman Obat Keluarga (Toga) sebagai Preservasi Kearifan Lokal dalam Komunikasi Terapeutik bagi Keluarga Perkotaan)

Ditha Prasanti, Kismiyati El Karimah

Abstract

Abstrak: Tanaman Obat Keluarga (Toga) adalah tanaman yang dibudidayakan serta sebagai obat rumahan. Intinya, tanaman obat ini biasa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk kebutuhan untuk mengatasi masalah kesehatan secara tradisional (obat-obatan terlarang) sebagai upaya kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tanaman Obat Keluarga sebagai pelestarian kearifan lokal dalam komunikasi terapeutik keluarga perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak lima orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian kearifan lokal dalam komunikasi terapeutik keluarga perkotaan adalah menggunakan tanaman obat. Pelestarian kearifan lokal dalam komunikasi terapeutik bagi keluarga perkotaan ini dilakukan dengan cara: (1) Budidaya Tanaman Obat Keluarga bagi keluarga perkotaan; (2) Penggunaan Tanaman Obat Keluarga dalam proses komunikasi terapeutik untuk mengatasi rasa sakit anggota keluarga perkotaan; (3) Tanaman Obat Keluarga yang digunakan dalam komunikasi terapeutik keluarga perkotaan adalah untuk mengobati gejala yang umum, seperti: demam, batuk, sakit perut, dan gatal.

Kata Kunci: Pelestarian, Kearifan Lokal, Komunikasi Terapeutik.

Full Text:

PDF
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.