Program Wirausaha Muda Bank Mandiri sebagai Implementasi Corporate Social Responsibility Sesuai PP No. 47/2012
Abstract
Changes in the business competition landscape have forced companies to realize the importance of managing and improving a positive reputation in the eyes of stakeholders, one of which is done by creating a corporate social responsibility (CSR) program. This research discusses the implementation of CSR which is carried out in improving the company's reputation through its implementation in the "Mandiri Young Entrepreneur (WMM)" program. This CSR program from Bank Mandiri has been implemented since 2007 until now. However, this research limits the program implementation period to the first five years of its implementation, namely 2007-2012. The type of research used is qualitative with the nature of descriptive research and case studies. Data collection methods were carried out through in-depth interviews and literature study. The research results show that the WMM program has also run well from the CSR planning strategy stage to implementation. The company's reputation in the eyes of program participants and the community increases as seen from the output and outcomes obtained from implementing this WMM program. Among other things, it can be seen from the level of company publicity which has continued to increase since 2007-2012, and the many awards received by this WMM program from various institutions.
Abstrak
Perubahan lanskap persaingan bisnis telah memaksa perusahaan utnuk menyadari pentingnya mengelola dan meningkatkan reputasi yang positif di mata stakeholders, yang salah satunya dilakukan dengan membuat program corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini membahas tentang implementasi (CSR) yang dijalankan dalam meningkatkan reputasi perusahaan melalui implementasinya pada program “Wirausaha Muda Mandiri (WMM)”. Program CSR dari Bank Mandiri ini telah dijalankan sejak tahun 2007 hingga sekarang. Namun penelitian ini membatasi periode pelaksanaan program di lima tahun pertama pelaksanannya yaitu tahun 2007-2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program WMM juga telah berjalan dengan baik mulai dari tahapan strategi perencanaan CSR hingga implementasi. Reputasi perusahaan di mata peserta program dan masyarakat meningkat dilihat dari output dan outcome yang didapatkan dari pelaksanaan program WMM ini. Antara lain dilihat dari level publisitas perusahaan yang terus meningkat sejak tahun 2007-2012, dan banyaknya penghargaan yang diterima oleh program WMM ini dari berbagai lembaga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abiyasa, F. M., & Sanjaya, M. A. (2021). Mengkaji Logo Gojek Slov Berdasarkan Persepsi dan Citra Identitas Visual. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 3(3), 172–179.
Asmara, T. T. P., & Murwadji, T. (2020). Telaah Yuridis Penerapan Konsep Quadruplehelix Pada Pelaksanaan Csr Bagi UMKM. Jurnal Legislasi Indonesia, 17(1), 38.
Annual Report Bank Mandiri 2008
Annual Report Bank Mandiri 2012
Elvinaro Ardianto, & Dindin M. Machfudz. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fajar, M., & Setyaningrum, R. B. (2017). Pelaporan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Serta Corporate Social Responsibility Badan Usaha Milik Negara. Jurnal Media Hukum, 24(2), 193–206.
Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di DI Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1).
Haryono, C. G. (2023). Digital Public Relations: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan Komunikasi Krisis dalam Kegiatan Public Relations di Era Digital. Prenada Media.
Jasin, H., Mujiatun, S., Rambe, M. F., & Siregar, R. B. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention? Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 86–102.
Joep Cornelissen. (2008). Corporate Communication: A Guide to Theory and Practice Second Edition. Sage Publication.
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880.
Katalog Badan Pusat Statistik per Mei 2013
Kristianti, I., & Ardian, N. (2022). Pengaruh Reputasi Organisasi, Ukuran Organisasi, Opini Audit dan Ukuran KAP Terhadap Kinerja Organisasi Nirlaba di Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(4), 1120–1132.
Laporan Tahunan CSR/PKBL Bank Mandiri 2008
Laporan Tahunan CSR/PKBL Bank Mandiri 2009
Laporan Tahunan CSR/PKBL Bank Mandiri 2011
Laporan Pengawasan Perbankan Tahun 2012
Maryati, S. (2015). Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografi di Indonesia. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 3(2), 124–136.
Nurjanah, A., & Nurnisya, F. Y. (2019). Pelaksanaan Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan Komunikasi CSR. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 93–107.
Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Pertamina (Persero) Tahun 2018. Competence: Journal of Management Studies, 14(2), 184–202.
Paul A Argenti. (2009). Corporate Communication Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.
Peraturan Pemerintah RI No. 47 Tahun 2012
Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-05/MBU/2007
Permata, A. I., Abidin, S., & Kurnia, R. (2023). Pemanfaatan Media Relations PT Universal Karya Mandiri Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 551–556.
Philip Kotler, & Nancy Lee. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Pisteo, R., Sugianto, F., & Agustian, S. L. (2020). Pemaknaan Kembali Terhadap Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan. Jurnal Hukum Magnum Opus, 3(1), 1–13.
Rachmat Kriyantono. (2010). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Rhenald Kasali, & Bank Mandiri. (2011). Wirausaha Muda Mandiri: Ketika Anak Sekolahan Berbisnis. Jakarta: Gramedia.
Salinan Peraturan BUMN No. PER-20/MBU/2012
Sherry J. Holladay, & W. Timothy Coombs. (2012). Timothy Coombs. 2012. Managing Corporate Social Responsibility: A Communication Approach. UK: John Wiley & Sons, Ltd.
Statistik Perbankan Indonesia per Januari 2012
UU No. 40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas
Refbacks
- There are currently no refbacks.