Dynamic Governance dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro

Putri Eni Khotimah, Ahmad Suprastiyo, Heny Suhindarno

Abstract

Through population registration, civil registration, data management, and utilization of the results for public services and other sectors, population administration is the process of structuring and controlling population documents and data. In the beginning, the service conditions before the innovation were all services were centralized at the Population and Civil Registration Service of Bojonegoro Regency, resulting in piles of files, crowds, very long queues, apart from that there were problems in terms of internet network availability. This research aims to determine dynamic governance in the implementation of population administration services and identify the extent to which the government predicts every development in terms of services. This research uses a qualitative descriptive method with data collection techniques used, namely interviews and observation. This research uses theory according to Neo & Chen 2007, where there are three capabilities in dynamic governance, namely Think Ahead (Thinking Ahead), Think Again (Thinking Again), Think Across (Thinking Across Boundaries). The results of this research are that the Population and Civil Registration Service of Bojonegoro Regency has thought ahead by preparing online and offline services and creating various innovations in order to bring services closer to the community, apart from that, it has also thought again by conducting periodic evaluations once a month, and thinking cross borders by adopting ideas from other regions by implementing services directly to the community.

Abstrak

Melalui pencatatan kependudukan, pencatatan sipil, pengelolaan data, dan pemanfaatan hasilnya untuk pelayanan publik dan sektor lainnya, administrasi kependudukan adalah proses penataan dan pengendalian dokumen dan data kependudukan. Pada awalnya kondisi pelayanan sebelum adanya inovasi seluruh pelayanan terpusat di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro sehingga terjadi penumpukan berkas, terjadi kerumunan, antrean yang sangat panjang, selain itu terdapat kendala dalam hal ketersediaan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dynamic governance dalam penyelenggaraan pelayanan administasi kependudukan dan mengidentifikasi sejauh mana pemerintah dalam memprediksi setiap perkembangan dalam hal pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori menurut Neo & Chen 2007, yang mana terdapat tiga kapabilitas dalam dynamic governance, yaitu Think Ahead (Berpikir Kedepan), Think Again (Berpikir Lagi), Think Across (Berpikir Lintas Batas). Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro telah berpikir kedepan dengan mempersiapkan pelayanan online dan offline serta menciptakan berbagai inovasi dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, selain itu juga telah berpikir lagi dengan melakukan evaluasi secara periodik setiap 1 bulan sekali, dan berpikir lintas batas dengan mengadopsi pemikiran dari daerah lain dengan menerapkan pelayanan yang langsung kepada masyarakat.

Keywords

Administration; Dynamic; Governance; Service

Full Text:

PDF

References

_KIOS_ADMINDUK[1]. (n.d.).

Adimulyo, R. A., Bekasi, A. K., Barat, J., Skripsi, P., Roslianah, D., & Pd, M. (n.d.). Efektivitas Program Jemput Bola (Jempol) Dalam Penerbitan Akta Kelahiran Di Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Alim, B. N. (2022). Upaya Mewujudkan Dynamic Governance Pada Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.

Catatan, D., Kabupaten, S., Windi, B., Arista, D., & Nasional, U. P. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Wayan Suderana. In Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial (Vol. 3, Issue 1). http://journal.undiknas.ac.id

Heri, O., Zakaria, M., Kurniawan, A., Administrasi, D., Fisip, N., & Al-Ghifari Bandung, U. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung (Vol. 3, Issue 1). https://ombudsman.go.id/

Kabupaten, D., Provinsi, B., Selatan, S., Rian, P., 1✉, A., Sinurat, M., & Kurniawati, L. (2023). Dynamic Governance Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 2959–2970.

Neo, B. Siong., & Chen, Geraldine. (2007). Dynamic governance : embedding culture, capabilities and change in Singapore. World Scientific.

Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi, A., Mulyanto Angkat, K., & Kadir, A. (2017). Jurnal Administrasi Publik Analysis of Population Administration Services at the Department of Population and Civil Registration of Dairi Regency. JAP, 7(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/jap

Pratama, M. A., Dumai, A. K., Program, R., Studi, S., Dan, K., & Sipil, P. (2022). Efektivitas Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (Gisa) Dalam Kepemilikan Dokumen Kependudukan Di Kota Dumai.

Publik, J. A., Sari, A. I., Rusli, Z., & Riau, U. (2023). Tata Kelola Pemerintahan Dinamis (Dynamic Governance) Dalam Penyelenggaraan Kota Layak Anak Di Kota Pekanbaru. Jurnal SARAQ OPAT, 5. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/SaraqOpat

Romadhona, L. D., & Nawangsari, R. (2023). Strategi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk Melalui Inovasi Kalimasada Di Kelurahan Margorejo Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 461–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.8314874

Sahuri, C. (2009). Membangun Kepercayaan Publik melalui Pelayanan Publik yang Berkualitas.

Sasongko, R. W. (2023). Implementasi Identitas Kependudukan Digital Di Kabupaten Bandung. Jurnal Registratie, 5(1), 69–86. https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v5i1.3148

Setyawan, I. A., & Rahmawati, A. (2023). Analisis Implementasi Program Dukcapil Smart Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 11(1), 91–110. https://doi.org/10.34010/agregasi.v11i1.7144

Siti, N., Program, M., Bisnis, S. A., & Kridatama Bandung, P. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. In Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: Vol. VI (Issue 1).

Tuah Fitriano Putra, D. (2020). Kapabilitas Dynamic Governance Dalam Pencapaian Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2012 – 2017. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 144–176. https://doi.org/10.31629/kemudi.v4i2.1460

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.