PENGUATAN PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELU, NUSA TENGGARA TIMUR

Fathul Qorib, Latif Fianto, Yosephina Anchieta Barru

Abstract

Tourism is a sector that plays an essential role in efforts to increase income. Indonesia is a country that has natural beauty and cultural diversity, so it is necessary to increase the tourism sector. This study aims to determine the communication strategy the Belu Regency Tourism Office carried out to increase the interest of tourists, especially domestic ones. The research method uses a qualitative approach by collecting data through interviews and documentation. The results of this study indicate that the Tourism Office of the Belu Regency Government has two broad ways of promoting tourism, namely offline/direct socialization and online socialization. Offline/direct outreach is a communication strategy in promoting tourism that involves the community regarding the importance of managing tourist destinations because they are each region's most significant revenue assets. Second, socialization online (social media) through social media such as websites, Facebook, YouTube, and Instagram. Efforts that are smoothly carried out are through publicity via social media because it is easier to monitor, evaluate, and persuade the public overall. The objectives of the Belu Regency Tourism Office have been achieved, but they still need help with minimal human resources and tourist transportation.

Abstrak

Pariwisata telah memberikan kontibusi yang besar dalam meningkatkan keuangan negara, sehingga sektor pariwisata perlu mendapat perhatian serius dalam hal penguatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Belu untuk meningkatkan minat wisatawan khususnya domestik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Belu memiliki dua cara promosi wisata secara garis besar yaitu sosialisasi secara offline/langsung dan sosialisasi secara online. Sosialisasi secara offline/langsung adalah strategi komunikasi dalam mempromosikan pariwisata yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat mengenai pentingnya mengelola destinasi wisata karena merupakan aset pendapatan terbesar setiap daerah. Kedua, sosialisasi secara online (media social) melalui media sosial seperti website, facebook, youtube, dan Instagram. Upaya yang lancar dilakukan adalah melalui publisitas lewat media sosial karena lebih mudah dimonitoring, dievaluasi dan lebih mudah dalam mempersuasi masyarakat dan secara keseluruahan tujuan Dinas Pariwisata Kabupaten Belu sudah tercapai namun masih mangalami kendala pada SDM dan Transportasi Wisata yang Minim.

Keywords

Tourist; Tourist Visits; Belu Regency; Tourism Promotion

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2020-2021. Www.Bps.Go.Id/. https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html

Bessie, J. L. D., & Soares, Y. O. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Benteng Makes Sebagai Obyek Wisata Budaya Di Kabupaten Belu. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(1), 1–15. https://doi.org/10.35508/jom.v14i1.3675

BPS Belukab. (2020). Konsep dan Definisi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Belukab.Bps.Go.Id. https://belukab.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html

Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif. (2019). Buku Database Kepariwisataan Nusa Tenggara Timur.

Jenahas, T. (2019). 1.635 Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Belu Selama 2019 - Pos-kupang.com. Kupang.Tribunnews.Com/. https://kupang.tribunnews.com/2019/09/28/1635-wisatawan-mancanegara-berkunjung-ke-belu-selama-2019

Mirajanatin, H. P., Sutikno, F. R., & Sari, N. (2013). Kajian Potensi Pariwisata Perkotaan di Kota Malang Berdasarkan Stakeholder. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 5(1), 47–54.

Novaranty, M., & Qorib, F. (2022). Manajemen Public Relations Favehotel Malang Untuk Meningkatkan Citra Publik Melalui Media Massa. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 174–182. https://doi.org/10.33366/jisip.v11i2.2487

Paramita, S. (2017). Lokal Perspektif Komunikasi Pariwisata Masyarakat Di Desa Sade Lombok. Visi Komunikasi, 1(69), 5–24.

Pemerintah RI. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10.TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN.

Rahma, F. N., & Handayani, H. R. (2013). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata dan Pendapatan Perkapita Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata di Kabupaten Kudus. Diponegoro Journal Of Economics, 2(2), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/view/2919

Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alvabeta.

Sujai, M. (2016). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara. Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 20(1), 61–76. https://doi.org/10.31685/kek.v20i1.181

Wear, N. H., & Stellarosa, Y. (2022). Peran Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam Membangun Citra Destinasi Pariwisata Maluku Tenggara. WARTA IKATAN SARJANA KOMUNIKASI INDONESIA, 5(02), 139–145.

Yanti, D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir. Jurnal Darma Agung, XXVII(April), 814–821. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/137

Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2020-2021. Www.Bps.Go.Id/. https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html

Bessie, J. L. D., & Soares, Y. O. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Benteng Makes Sebagai Obyek Wisata Budaya Di Kabupaten Belu. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(1), 1–15. https://doi.org/10.35508/jom.v14i1.3675

BPS Belukab. (2020). Konsep dan Definisi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Belukab.Bps.Go.Id. https://belukab.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html

Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif. (2019). Buku Database Kepariwisataan Nusa Tenggara Timur.

Jenahas, T. (2019). 1.635 Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Belu Selama 2019 - Pos-kupang.com. Kupang.Tribunnews.Com/. https://kupang.tribunnews.com/2019/09/28/1635-wisatawan-mancanegara-berkunjung-ke-belu-selama-2019

Mirajanatin, H. P., Sutikno, F. R., & Sari, N. (2013). Kajian Potensi Pariwisata Perkotaan di Kota Malang Berdasarkan Stakeholder. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 5(1), 47–54.

Novaranty, M., & Qorib, F. (2022). Manajemen Public Relations Favehotel Malang Untuk Meningkatkan Citra Publik Melalui Media Massa. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 174–182. https://doi.org/10.33366/jisip.v11i2.2487

Paramita, S. (2017). Lokal Perspektif Komunikasi Pariwisata Masyarakat Di Desa Sade Lombok. Visi Komunikasi, 1(69), 5–24.

Pemerintah RI. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10.TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN.

Rahma, F. N., & Handayani, H. R. (2013). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata dan Pendapatan Perkapita Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata di Kabupaten Kudus. Diponegoro Journal Of Economics, 2(2), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/view/2919

Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alvabeta.

Sujai, M. (2016). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara. Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 20(1), 61–76. https://doi.org/10.31685/kek.v20i1.181

Wear, N. H., & Stellarosa, Y. (2022). Peran Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam Membangun Citra Destinasi Pariwisata Maluku Tenggara. WARTA IKATAN SARJANA KOMUNIKASI INDONESIA, 5(02), 139–145.

Yanti, D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir. Jurnal Darma Agung, XXVII(April), 814–821. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/137

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.