EFEKTIVITAS BERKAS MLAKU DEWE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

Nona Vita Rahayu, Hendra Sukmana

Abstract

This study aims to analyze and describe the effectiveness of the Mlaku Dewe file for public services in Sukodono District, Sidoarjo Regency. In this study, researchers used a type of descriptive qualitative method by implementing an approach in the form of observation and interviews. The data used in this study comes from primary data and secondary data. In this study, the researchers selected informants who were related to the object under study, including the sub-district head, administrative and general affairs staff in Sukodono District. The theory used in this study is the theory according to Richard M. Steers (1980: 1). In this theory there are three indicators that are used consisting of indicators of achievement of objectives, indicators of integration, indicators of adaptation. The research results found in the first indicator, an indicator of achieving goals, of course, in achieving goals, it is necessary to have stages and their periodization, while the researchers divided them into five years of achieving the goals of using the Mlaku Dewe Files. The second indicator is the integration indicator, it was found that the socialization of the service program using the File Mlaku Dewe application system had been carried out properly. The last indicator is an adaptation indicator. As for the results, it was found that administrative and general affairs staff in the Sukodono sub-district always use the File Mlaku Dewe application in carrying out administrative services to the community.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisa dan mendeskripsikan efektivitas Berkas Mlaku Dewe terhadap pelayanan publik di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo.. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif dengan melaksanakan sebuah pendekatan berupa observasi dan wawancara. Adapun data yang dipergunakan pada penelitian ini berasal dari data primer serta data sekunder. Pada penelitian ini peneliti memilih informan yang berhubungan dengan objek yang diteliti antara lain Camat, Staff urusan tata usaha dan umum di Kecamatan Sukodono. Adapun teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Richard M. Steers (1980: 1). Pada teori ini terdapat tiga indikator yang digunakan terdiri dari indikator Pencapaian Tujuan, indikator Integrasi, indikator Adaptasi. Pada hasil penelitian didapati pada indikator pertama, indikator pencapaian tujuan tentunya didalam sebuah pencapaian tujuan diperlukan adanya tahapan-tahapan serta periodesasinya adapun peneliti membagi kedalam lima tahun pencapaian tujuan penggunaan Berkas Mlaku Dewe. Indikator kedua adalah indikator integrasi didapati bahwa sosialisasi program pelayanan dengan menggunakan sistem aplikasi Berkas Mlaku Dewe telah dilaksanakan dengan baik. Indikator terakhir adalah indikator adaptasi adapun hasil yang didapati bahwa para staff urusan tata usaha dan umum yang terdapat di kecamatan Sukodono selalu menggunakan aplikasi Berkas Mlaku Dewe dalam melakukan pelayanan administrasi kepada masyarakat.

Keywords

Effectiveness; Public Service; File Of Mlaku Dewe

Full Text:

PDF

References

Ahmad, Haerani, S., & Umar, F. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, dan Kompetensi, Melalui Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Mirai Manajement, 6(1), 2597–4084.

Anggraeni, A., & Rahaju, T. (2022). Evaluasi Program Berkas Mlaku Dewe (Bmw) Pada Pelayanan Bidang Administrasi Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Publika, 9(5), 287–296.

Dharma, R. M. D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E- Health Di Kota Surabaya).

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2), 137–150.

Fahlevy, M. F. (2022). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Di Kota Langsa Provinsi Aceh.

Fajarwati, I. (2017). Efektivitas Pembentukan Unit Pengaduan Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Pada Rumah Sakit Anutapura Palu). Journal Katalogis, 5(4), 69–80.

Fitriyani, F., Arsiyah, A., & UB, A. R. (2017). Berkas Mlaku Dhewe (BMW) untuk Peningkatan Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 201–216.

Juharini, & Congge, U. (2020). Efektifitas Kinerja Ombudsman Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Administrasita’, 4(1), 65–72.

KEPMENPAN. (2003). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No 63/KEP/M.PAN/7/2003.

Peraturan Menteri Dalam Negeri. (2010). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 1(1), 22–34.

Sari, M. E. P. (2018). Peran Pemerintah dalam Penyediaan Akses Pelayanan Publik. Jurnal Trias Politika, 2(1), 1–12.

Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 Republik Indonesia. (2009). Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.