MENJELASKAN RELASI ANTARA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN KORUPSI DAN KETERLIBATAN MASYARAKAT SIPIL DI KOTA MALANG

Fathur Rahman

Abstract

Artikel ini menjelaskan relasi antara kualitas pelayanan publik dengan korupsi dan keterlibatan masyarakat sipil di Kota Malang. Tulisan ini tersusun melalui studi pustaka, dokumentasi dan wawancara terbatas karena ada penyebaran Covid-19. Jelas, bahwa kualitas pelayanan publik yang baik di Pemerintahan Kota Malang dipengaruhi oleh sistem administrasi atau Standart Operating Procedure (SOP), tingkat pengetahuan dan sikap profesional dari Aparatur Sipil Negara (ASN), keberadaan masyarakat sipil dalam penyelenggaraan pemerintahan. Korupsi yang terjadi di Kota Malang bermula dengan terjadinya mal-administrasi dalam urusan pelayanan publik dan tidak berfungsinya peran ideal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Malang.   

 

This article explains the relationship between the quality of public services and corruption and the involvement of civil society in Malang City. This paper was structured through literature study, documentation and limited interviews due to the spread of Covid-19. It is clear, that the quality of good public services in Malang City Government is influenced by the administration system or Standard Operating Procedure (SOP), the level of knowledge and professional attitudes of the State Civil Apparatus (ASN), the existence of civil society in government administration. Corruption that occurs in Malang City begins with the occurrence of mal-administration in matters of public services and the dysfunction of the ideal role of Non-Governmental Organizations (NGOs) in Malang City.

 

 

Keywords

relasi; pelayanan publik; korupsi; masyarakat sipil; Kota Malang

Full Text:

Remote PDF

References

Al-Mahayreh & Qader. (2015). Identifying the impact of administrative transparency on the administrative corruption: A study on the employees of grand amman municipality. Advances in Management & Applied Economic, 5(2), 101–126.

Alamsyah,Wana, L. A. dan S. (2018). Laporan Tren Penindakan Korupsi pada Tahun 2018: Berhenti Mengayomi Korupsi.

Allahi, HA & Rahman, F. (2020). Kandidasi Calon Anggota Legislatif Koruptor: Refleksi atas Pemilu 2019 di Malang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.14710/jiip.v5i1.7085

Arato & Cohen. (1992). Civil Society and Political Theory. MIT Press.

Bank Dunia. (2006). Reducing Corruption at the Local level.

Bappenas RI. (2007). Penerapan Tata Pemerintahan yang baik. Sekretariat Tim Pengembangan Bappenas.

Bauhr & Nasiritousi. (2011). Why pay bribes? Collective action and anti corruption efforts. University Gothernburg.

Bologna, J. (1994). Handbook of Corporate Fraud. Butterworth Heinamann.

Buchanan, B. (2004). The Moral Physics of the Body Politic: Changing Contours of Corruptions in Western Political Thought. Proceedings of the Australasian Political Studies Association Conference, University of Adelaide. http://www.adelaide.edu.au/apsa/papers/.

Damayanti, R. (2017). Demokrasi di Malang Menggali Kontribusi Masyarakat Sipil dalam Pengembangan Demokrasi Lokal. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1).

Diamonds, L. (1994). Rethingking civil society: Toward democratic consolidation. Journal of Democracy, 5(3).

Doig & Riley. (1998). Corruption and Anti-Corruption Strategies: Issues and Case Studies for Developing Countries. In Corruption and Integrity Improvement Initiatives in Developing Countries (pp. 45–63).

Endro, G. (2017). Menyelisik Makna Integritas dan Pertentangan dengan Korupsi. Jurnal Integritas, 3(1), 131–152.

Euben, J. (1989). Corruption, dalam Political Innovation and Conceptual Change. Cambridge University Press.

Hague, R & Harrop, M. (1992). Comparative Government and Politics: An Introduction. Macmillan Press.

Halevy-Eva Etzioni. (2011). Birokrasi dan Demokrasi: Sebuah Dilema. Total Media.

Haryono, dkk. (2017). Capacity Building. UB Press.

Heywood, A. (2018). Pengantar Ilmu Politik (1st ed.). Pustaka Pelajar.

Hikam, M. (1995). Demokrasi dan civil society. LP3ES.

Hobbes, T. (1651). Leviathan. Andrew Crooke at Green Dragon.

Hoessein, B. (2000). Hubungan Penyelenggaraan Pemerintah Pusat dengan Pemerintahan Daerah. Jurnal Bisnis Dan Birokrasi, 1.

Hofheimer. (2006). The Good Governance Agenda of International Development Institutions. UMI Microform.

ICW. (2016). Laporan Tahun Indonesia Corruption Watch Tahun 2016.

Jurnal Malang. (2015). Profil Malang Corruption Watch, Jurnal Malang, Rilis daring Mei 2015. http://www.jurnalmalang.com/2015/05/malang-corruption-watch-mcw-profil.html.

Klitgaard, R. (1998). International Cooperation Againts Corruption. Finance and Development, 35(1), 3–6.

KNKG. (2010). Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia. KNKG.

KPK RI. (2017). Survei Penilaian Integritas 2017.

KPK RI. (2019). Laporan Survei Penilaian Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi RI Tahun 2018.

Kristiansen, S. (2009). Public Sector Reforms and Financial Transparency: Experiencies from Indonesian Districs. Contemporary Southeast Asia: A Journal of International and Strategies Affairs, 31(1), 64–87.

Lewis, B.D & Hendrawan, A. (2018). The impact of majority coalitions on local government spending, service delivery and corruption in Indonesia. European Journal of Political Economy, 11(2), 1–15.

Liu & Lin. (2012). Government Auditing and Corruption Control: Evidence form China’s Provincial Panel Data. China Journal of Accounting Research, 5(2), 163–186.

Malang Corruption Watch. (2019). Laporan Akhir Tahun MCW 2019.

Masyitoh, R. (2015). Pengaruh Opini, Temuan Audit dan Tindak Lanjut Audit terhadap Persepsi Korupsi pada Pemerintah Daerah Tingkat II Tahun 2008-2010. Simposium Nasional Akuntansi 18, Sumatera Utara.

MCW. (2018). Laporan Akhir Tahun 2018. Malang Corruption Watch.

MCW. (2019). Laporan Tengah Tahun 2019.

Narbuko, C. (2012). Metode Penelitian. Bumi Aksara.

Norton, A. (1997). International Handbook of Local and Regional Development: Comparative Analysis of Advanced Democracies (E. Algar (ed.)).

Pope, J. (2000). Confronting Corruption: The Element of a National Integrity System. Transparency International.

Rahman, F & Tarigan, J. (2020). Inovasi Pemerintahan: Menuju Tata Kelola Pemerintahan Daerah Ideal. Intrans Publishing.

Rahmandani & Samsuri. (2019). Malang Corruption Watch sebagai gerakan masyarakat sipil guna membangun budaya anti korupsi di daerah. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(1), 1–11.

Rahmawati, A. (2015). Effect on Performance Audit Implementation of Good Corporate Governance in Kabupaten Luwu (Case Study Inspectorate Kabupaten Luwu. Journal of Economics and Behavioural Studies, 1(1), 13–19.

Sajo, A. (2014). Introduction, Clientelism and Extortion: Corruption in Transition. In Kotkin S and A. Sajo (Ed.), Political Corruption in Transition: A Skeptic’s Handbook (pp. 1–24). Central Europe University Press.

Saputra, B. (2012). Dampak Desentralisasi Fiskal terhadap Korupsi di Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 8(3), 293–309.

Schacter & Anwar. (2004). Combating corruption: Look before you leap. Finance & Development, 41.

Setiyono, B. (2017). Memahami Korupsi di Daerah Pasca Desentralisasi: Belajar dari Empat Studi Kasus. POLITIKA, 8(1).

Setyaningrum, D. (2017). Pengaruh Tata Kelola dan E-Government Terhadap Korupsi. Ekuitas: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(4), 1–20.

Sharma, C & Mitra, A. (2015). Corruption, Goverannce and Firm Performance: Evidence from Indian Enterprises.

Soemarto, H. (2009). Inovasi, Partisipasi dan Good Governance: 20 Prakarsa Inovatif dan Partisipatif di Indonesia. Yayasan Obor Indonesia.

Suharko. (2005). Masyarakat sipil, Modal sosial dan Tata Pemerintahan Demokratis. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3).

Sukowiyono & Sulistiani. (2014). Peran Malang Corruption Watch dalam Pelaksanaan Pendidikan Anti Korupsi di Malang Raya.

Treisman, D. (2007). The causes of corruption: A cross-national study. Journal of Public Economics, 76(3), 399–457.

UNDP. (2014). E-Government Survey 2014.

Media Massa:

CNN Indonesia. 2015. http://www.cnnindonesia.com/nasional.

Malang Corruption Watch, 2018, Laporan Akhir Tahun 2018, dapat diakses pada https://mcw-malang.org/laporan-akhir-tahun-mcw-2018/ dirilis oleh MCW pada 13 Desember 2018.

https://jatimtimes.com/baca/210563/20200310/134100/wali-kota-malang-janji-urus-e-ktp-tuntas-sehari-jika-tidak-maka ... Pewarta: Pipit Anggraeni Editor: Sri Kurnia Mahiruni Mar 10, 2020 13:41

https://www.ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--maladministrasi-dan-korupsi Senin, 16/03/2020 • Singgih Samsuri, S.E

https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--ombudsman-jatim-akui-pengaduan-pelayanan-publik-masih-tinggi PERWAKILAN: JAWA TIMUR • Rabu, 15/01/2020 .

https://www.beritasatu.com/edi-hardum/nasional/666257/indonesia-dinilai-tengah-mengalami-kemunduran-demokrasi. Minggu, 16 Agustus 2020 | 22:04 WIB

Oleh : Yeremia Sukoyo / EHD.

https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--nilai-pelayanan-publik-pemkot-malang-selalu-zona-kuning-ombudsman--tidak-ada-perbaikan-. PERWAKILAN: JAWA TIMUR • Kamis, 25/01/2018 •

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191127124804-20-451937/survei-kepatuhan-ombudsman-banyak-pemda-dapat-rapor-merah. CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 13:37 WIB.

Wawancara:

Wawan, Ketua RT 08 Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, 16 Juni 2020.

Lutfi JK, Badan Pengurus MCW, 20 Agustus 2020.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.