TUMPANG TINDIH PENGELOLAAN TEMPAT PARKIR (STUDI TENTANG RETRIBUSI DAN PAJAK PARKIR DI KOTA MALANG)

Dewi Citra Larasati, Abd. Rohman

Abstract


Permasalahan parkir di Kota Malang sangatlah kompleks, terlebih ketika adanya kenaikan tarif parkir di tahun 2015, menyebabkan muncul masalah-masalah lain yang lebih pelik, seperti tumpang tindihnya pengelolaan pajak parkir dan retribusi, munculnya juru parkir ilegal sampai dengan premanisme. Latar belakang tersebut membuat peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengelolaan tempat parkir di Kota Malang. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang holistik mampu menghasilkan data melalui teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi. Dari kegiatan penelitian ini adalah adanya tumpang tindih pengelolaan tempat parkir antara pajak parkir dan retribusi parkir dikarenakan adanya dua perauran daerah yang mengatur keduanya dan belum ada perwal yang mengatur tentang pengelolaan parkir sehingga muncul konflik internal di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola parkir maupun konflik eksternal (masyarakat), selain itu minimnya pengawasan dan pengendalian terhadap juru parkir ilegal yang ada di Kota Malang.

The problem of parking in Malang is very complex, especially when there is an increase in parking fees in 2015. this causes other more complicated problems, such as overlapping management of parking taxes and user fees, the emergence of illegal parking attendants to thuggery. This background makes researchers conduct research with the aim to analyze the management of parking lots in the city of Malang.Researchers use qualitative methods with a holistic approach that is able to obtain data with data collection techniques using triangulation. The results of this research are the overlapping parking management between parking taxes and parking fees due to the absence of guardians governing parking management so that internal conflicts arise in the Regional Apparatus (OPD) that manages parking and external conflicts (the public), besides the lack of supervision and control Illegal parking attendant in Malang city


Keywords


Manajemen Parkir; Pajak, Retribusi

Full Text:

PDF

References


Mukarom, Zaenal and Wijaya, Muhibudin (2018) Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia

Mukarom, Zaenal and Wijaya, Muhibudin (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung : CV Pustaka Setia

Rohman, Abd. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Publik. Malang : Intrans Publishing

Rohman, Abd & Trihardianto, Willy Tri (2019) Reformasi Birokrasi dan Good Governance. In: Reformasi Birokrasi dan Good Governance. Malang : Intrans Publishing

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Scanning). Bandung : Alfabeta

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Tempat Parkir

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 tahun 2010 tentang Pajak

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 8 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 tahun 2010 tentang Pajak Daerah

Undang-Undang Pemerintahan Daerah, 2015. Bandung : Fokusindo Mandiri

Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi.

Haezer, Eben Panca (2019) Jukir yang Tarik Tarif Parkir Rp50 Ribu di Malang Mengaku Setor ke Dishub. Ini Tanggapan Dishub https://surabaya.tribunnews.com/2019/06/17/jukir-yang-tarik-tarif-parkir-rp50-ribu-di-malang-mengaku-setor-ke-dishub-ini-tanggapan-dishub?page=2 diakses 2 April 2020

Chasanah, Isnatul. (2019). Kronik Persoalan Parkir di Kota Malang: Wacana BUMD, Parkir Elektronik, Hingga Premanisme Parkir Liar. Malang : https://www.satukanal.com/kronik-persoalan-parkir-di-kota-malang-wacana-bumd-parkir-elektronik-hingga-premanisme-parkir-liar/ diakses 28 Maret 2020

https://www.tokopedia.com/find/rompi-parkir/c/malang

https://www.tokopedia.com/pitoe-army/rompi-parasit-hijau-rompi-safety-parkir-touring-proyek-hijau-m?trkid=f%3DCa0000L248P0W0S0Sh%2CCo0Po0Fr0Cb0_src%3Dsearch_page%3D1_ob%3D1000_q%3Drompi+parkir_bmexp%3D0_po%3D9_catid%3D4226_bmexp%3D0&whid=2422737 diakses pada tanggal 1 April 2020 jam 15.05




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1801

Article metrics

Abstract views : 117 | views : 43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Citra Larasati, Abd. Rohman


Reformasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unitri Press Universitas Tribhuwana Tungga Dewi 
p-ISSN : 2088-7469 | e-ISSN:  2407-6864

Jl. Telaga Warna Tlogomas Malang
Powered by Open Journal System